Hal yang Harus Diperhatikan Agar Tepat Dalam Memilih Baju Ori

Peluang usaha yang tidak pernah habis ditelan masa adalah distro/ clothing line yang merupakan outlet penyedia produk untuk pakaian masyarakat. Prospeknya pun cukup menjajanjikan, apalagi dengan penilaian masyarakat yang menyebutkan produk distro punya kualitas yang andal dan dijamin menyediakan produk original seperti baju ori.

Hal yang Harus Diperhatikan Agar Tepat Dalam Memilih Baju Ori

Tingginya permintaan, namun minimnya supply dari distro, menyebabkan banyak produk tiruan atau baju-baju palsu mengatasnamakan produk distro yang beredar di pasaran. Jika Anda merupakan penggemar produk asli, berikut tips untuk membedakan baju ori dengan baju palsu agar tidak tertipu.

Tempat Penjualan

Jika Anda termasuk pada orang awam atau tidak bisa membedakan antara baju distro dengan baju palsu, tentu Anda harus perhatikan tempat baju tersebut dijual. Jika ingin mendapatkan baju yang asli, belilah langsung ke distro atau toko resminya. Hindari toko yang kredibilitasnya meragukan agar Anda tetap aman dan terbebas dari produk palsu.

Gramasi Bahan

Semirip apapun produk tiruan, tetap saja tidak akan sebagus dari baju ori. Biasanya jika baju tersebut palsu, contohnya kaos, bahan yang digunakan akan mudah longgar jika ditarik. Dari warnanya pun akan lebih cepat kusam dan memudar. Selain itu, gramasi bahan baju distro, biasanya susah ditiru dan bahannya tidak bisa dibeli pasaran biasa.

Kebanyakan distro, akan memproduksi produknya dari bahan yang dipintal sendiri. Dan jarang juga ditemukan di pasaran seperti jenis bahan kaos untun combed 24s, 28s, 32s, dan 40s. Atau ada juga yang menggunakan bahan katun bamboo.

Proporsi Ukuran dan Tema pada Desain

Tentu saja, bagaimana pun, baju tiruan pasti akan ada hal yang membedakannya dengan yang asli. Jika Anda ingin mengetahui baju itu hasil produksi tukang bajak, lihat saja proporsi ukuran dan tema bajunya. Biasanya jika itu produk tiruan, ukurannya dan temanya akan tidak seimbang. Dari setiap produk yang dihasilkan, pasti saja akan memiliki sesuatu yang tidak pas, baik itu dari bentuk font-nya, gambarnya yang terlalu besar atau terlalu kecil, besaran kantongnya tidak benar, dan hal-lain yang sebenarnya mudah untuk Anda cermati.

Tema Desain

Setiap clothing line pasti punya tema disainnya sendiri dan mempunyai ciri khas yang berbeda dengan distro lainnya. Karakter yang digunakan pun biasanya berbeda, selain itu juga karakter inilah yang akan membuat brand mereka menjadi kuat. Jika Anda membandingkan atau ingin membedakan baju itu adalah baju ori atau bukan, Anda bisa mengukurnya dari tema disain baju tersebut. Jika ternyata desain dan temanya melenceng jauh, sudah bisa dipastikan bahawa itu adalah produk tiruan. Apalagi jika karakternya tidak identik dengan karakter distro tersebut, Anda patut untuk curiga dan meragukan keoriginalitasannya.

Spread the word. Share this post!