Jangan Buat Sepatu Kerenmu Jadi Pecuma Karena Bau, Yuk Cari Tahu Penyebab Bau Sepatu

Sepatu saat ini merupakan gaya hidup yang paling banyak diminati orang-orang mulai dari anak-anak hingga orang tua sekalipun. Model-model sepatu sneaker atau sepatu boots sudah menjadi barang penting yang harganya tidak bisa dibilang murah. Berbagai jenis sepatu bermunculan mulai dari sepatu lokal Indonesia, maupun sepatu buatan luar negeri. Bisa dikatakan bahwa melalui sepatu kita bisa menilai status sosial dan ekonomi seseorang, dengan berbagai jenisnya yang beragam, sepatu ternyata merupakan salah satu ciri pergaulan sesorang. Mungkin kamu adalah salah satu pemilik sepatu yang sangat mengikuti perkembangan tren sepatu, kamu juga bisa dikatakan sebagai anak gaul deh kalau sudah menyelam di dunia sepatu. Sepatu memiliki nilai fashion yang akan membuat kamu terlihat keren. Apa rasanya kalau memiliki sepatu keren, namun ternyata sepatumu bau? Kamu juga harus tahu cara membersihkan sepatu beludru yang kamu miliki, supaya terhindar dari bau.

Bau sepatu tentunya sangat mengganggu baik bagi diri kamu sendiri, maupun bagi orang lain yang ikut menciumnya. Selain mengganggu, bau sepatu juga dapat mengurangi  kekerenan kamu dalam memakai sepatu kesayangan kamu. Faktor penyebab bau sepatu bisa beragam, bisa karena masalah kesehatan, maupun gaya hidup kamu yang buruk.

Penasaran kenapa sepatu kamu bisa bau? Yuk cari tahu penyebab bau sepatu pada sepatu kamu. Mari kita simak ulasannya bersama-sama.

  1. Kurang Ventilasi

4 Kebiasaan Umum Penyebab Bau Kaki

Sepatu pada umumnya dilengkapi dengan pori-pori yang mampu menyerap keringat atau air dari luar. Salah satu penyebab sepatu kamu selalu bau mungkin adalah karena kebiasaan kamu yang selalu menyimpan kaos kaki setelah memakainya di dalam sepatu. Kaos kaki yang kamu letakkan di dalam sepatu ternyata bisa menjadi penghalang ventilasi yang sudah disediakan oleh produsen sepatu tersebut.

Hal yang bisa kamu lakukan jika sepatumu terlanjur bau karena kebiasaan tersebut adalah dengan cara menjemurnya setelah memakainya. Setelah kamu berkegiatan seharian, tentu kakimu akan memproduksi keringat yang menyebabkan sepatu kamu lembab dan semakin bau, untuk itu kamu perlu menjemur sepatumu setelah memakainya. Tidak perlu menjemurnya di bawah sinar terik matahari, cukup simpan saja di tempat yang kering dan tidak tersorot langsung oleh matahari, namun terkena angin.

  1. Kebiasaan Tidak Memakai Kaos Kaki

3 Sneaker Breathable Terbaik, Tetap Stylish di Cuaca Panas - blackxperience.com

Fungsi kaos kaki tentunya sebagai penyerap keringat yang akan menghindarkan sepatu kamu dari bau tidak sedap. Namun memang kadang ada saja kaos kaki yang terbuat dari bahan yang kurang oke sehingga malah menyebabkan sepatu kamu menjadi bau. Selain itu, ada kebiasaan buruk yang mungkin kamu lakukan sehingga sepatu kamu menjadi bau.

Kebiasaan tersebut adalah tidak memakai kaos kaki saat menggunakan sepatu. Ketika kamu tidak menggunakan kaos kaki, dalam sepatu justru kakimu akan kepanasan dan memproduksi keringat lebih banyak yang akhirnya menyebabkan kelembaban pada sepatumu tanpa ada penyerapan. Hal tersebutlah yang menyebabkan sepatumu menjadi bau.

Jadi, mulai sekarang biasakanlah memakai kaos kaki setiap kamu menggunakan sepatu dan gantilah kaos kaki sehari sekali, atau setiap kali kamu selesai melakukan kegiatan apapun sehari-hari.

Nah, itu dia penyebab bau sepatu bau yang perlu kamu ketahui. Pastinya kamu tidak nyaman kan dengan bau tidak sedap di sepatumu. Oleh karena itulah kamu perlu untuk merawat sepatumu dengan baik, bukan hanya sepatumu saja, kamu juga harus merawat diri kamu sendiri dengan baik, jangan malas untuk memakai kaos kaki, atau sekadar membersihkan kaki.

Mau tahu cara menghilangkan bau tak sedap pada sepatumu? Yuk baca selengkapnya di sini.

Spread the word. Share this post!