Ketahui Cara Merawat Jaket Bomber Sesuai Bahan Kain yang Digunakan

Sejak jaket bomber dikenakan oleh Presiden Jokowi di suatu kesempatan, tren jaket jenis ini pun semakin viral dan banyak diikuti oleh muda-mudi di Indonesia. Namun ternyata tren bomber jacket ini bukan hanya ada di negeri ini, melainkan di seluruh dunia. Banyak sekali artis papan atas dunia yang terkadang mengandalkan jaket ini sebagai penyempurna tampilannya. Ditambah lagi dengan desain dari bomber jacket yang kini semakin kreatif dan inovatif.

 

Perlu diketahui jika awalnya bomber jacket ini diciptakan sebagai busana para pilot kemiliteran ketika Perang Dunia I. Dulu, bagian kokpit pesawat untuk keperluan militer belum memiliki penutup panel seperti pesawat saat ini sehingga pilot pun harus diberikan pelindung yang hangat dan tebal guna perlindungan tubuh dari resiko ketika terdapat tekanan dan juga temperatur ekstrim saat terbang. Dari situlah awal mula terciptanya desain bomber jacket yang bermaterial tebal serta mampu menutup rapat bagian tubuh dengan adanya resleting depan. Julukan jaket model bomber sendiri muncul karena tugas angkatan udara saat itu adalah membom musuh lewat udara.

 

Untuk memilih bomber jacket yang tepat, Anda juga perlu beberapa pertimbangan sehingga tampilan Anda lebih modis. Berikut ini tipsnya:

 

  • Utamakan kenyamanan dalam pemilihan bomber jacket dimana harus pas di tubuh dengan bahan material yang bisa melindungi Anda. pilihlah jaket yang nyaman di bagian bahu dimana tidak terlalu besar atau terlalu kecil agar bisa bebas ketika bergerak.
  • Terdapat berbagai bahan pembuatan bomber jacket ini. Ketika musim dingin, Anda bisa memilih jaket berbahan kain wol yang berbulu sehingga hangat, namun untuk cuaca yang lebih hangat, Anda bisa memilih bahan suede, nylon atau polyester.
  • Perhatikan juga bagian resleting nya karena banyak juga jaket yang dibanderol dengan harga murah, namun memiliki resleting yang kurang bagus.
  • Jaket bomber juga tersedia dengan warna yang beragam saat ini sehingga Anda bisa memilih warna yang sesuai dengan warna kulit atau sesuai dengan padu padan busana yang ingin Anda pasangkan dengan bomber jacket tersebut.

 

Setelah Anda memilih bomber jacket yang tepat, jangan lupa untuk selalu merawatnya dengan baik. Beda bahan tentu beda pula perawatannya. Untuk itu, Anda juga perlu tahu bagaimana cara merawatnya sesuai bahan. Berikut ini beberapa tipsnya:

 

  • Bomber jacket bahan nylon: Perawatan bahan nylon cukup mudah karena hanya dicuci seperti biasa dengan deterjen ringan dan ditambahkan pelembut saja.
  • Bomber jacket bahan kulit dan suede: Pembersihan jaket dengan bahan kulit dan suede sedikit berbeda karena Anda harus menggunakan lap lembut dalam membersihkan noda yang menempel di jaket.
  • Bomber jacket bahan wol: Pencucian jaket berbahan wol perlu diperhatikan lebih karena harus menggunakan deterjen ringan dan tidak boleh memakai mesin cuci.
  • Bomber jacket bahan wax denim: Bahan wax denim bisa dicuci dengan air sabun dan disikat dengan lembut ke bagian noda yang membandel.
  • Bomber jacket bahan sutra: Mencuci bahan sutra tidak diperkenankan menggunakan deterjen. Untuk itu, bisa memakai shampo sebagai gantinya.

 

Itulah tips sederhana dalam merawat jaket bomber yang Anda miliki. Dengan merawatnya sesuai jenis bahan, maka Anda bisa membuat bomber jacket lebih tahan lama. Padu padan menggunakan bomber jacket ini juga cukup simpel karena bisa dipadukan dengan kaos, blouse atau baju lainnya.

Spread the word. Share this post!