Tips Memilih Tas Kulit Berkualitas Asli

Benda yang satu ini, tentunya tidak bisa lepas dari kebanyakan orang. Tentunya benda ini adalah tas. Hampir setiap orang menggunakan benda ini untuk pelengkap pergi ke pasar, bekerja, sekolah atau ke kampus, hingga pergi ke acara-acara lainnya. Jenis tas pun beragam, sesuai bentuk, model, merek, hingga bahan. Tas yang paling terkenal dan dicari kebanyakan orang adalah tas kulit.

Tips Memilih Tas Kulit Berkualitas Asli

Sesuai namanya, tas ini memiliki bahan dasar kulit. Dilihat dari segi kualitas, tas kulit memang mempunyai nilai yang tinggi dibandingkan dengan tas berbahan lain. Namun, Anda juga jangan salah pilih dalam memilih tas ini. Pilihlah yang memang fungsional, kualitasnya terpercaya, dan juga yang bisa membuat penampilan Anda jadi lebih stylish.

Sebelum Anda memilih tas kulit perhatikan dulu beberapa tips pilih tas yang tepat, antara lain:

Kenali Produk Bahan

Biasanya tas kulit ini berbahan kulit ular, buaya, sapi atau kabung. Memang banyak tas yang beredar dengan kulit asli, namun tak juga ada yang menggunakan jenis sintetis atau kulit buatan (palsu). Dengan kemudahan dan tersedianya teknologi, membuat pembuatan tas ini pun jadi lebih mudah. Anda harus pandai-pandai dalam memilih. Meskipun memang sulit dibedakan, Anda bisa periksa beberapa hal sebelum membeli.

Lihat Label

Hal yang harus Anda periksa adalah labelnya. Tas kulit asli biasanya akan mencantumkan informasi produk, terutama jenis bahan yang digunakan. Ada juga keterangan istilah semacam “manmade materials” atau “fabric materials”. Ini menunjukkan proses pengerjaan, produk handmade atau dengan mesin. Jika kulit asli tentu produk handmade jadi andalan, karena risiko rusaknya bahan oleh mesin akan berkurang.

Lihat Struktur dan Tekstur

Anda juga bisa perhatikan jahitan dan struktur tasnya. Jika kulit asli, produksinya pasti sempurna hingga jahitan terkecil. Strukturnya pun patut Anda teliti seperti kekokohannya. Anda juga bisa cek pori-pori kulit, jika asli, tentu Anda akan menemukan beberapa bagian halus dan terlihat pori-porinya yang berasal dari bulu (seperti domba atau sapi). Jika berbahan sintesis pori-porinya akan monoton, dan berbeda dengan kulit asli. Sentuh juga teksturnya, sebab tas dengan bahan kulit asli memiliki tekstur yang tidak selalu halus dan rata.

Kenali Aroma

Anda juga bisa mengenali aroma yang dihadirkan oleh tas berbahan kulit, jika terbuat dari mesin, tentunya akan berbau plastik, bahan kimia atau karet. Jika kulit asli, pasti baunya akan seperti aroma kulit binatang atau beraroma penyamak yang tidak lain adalah pengawet dari bahan nabati yang diberikan oleh pengrajin untuk menghilangkan bau hewan.

Beberapa Pilihan Tas

Anda juga bisa memilih beberapa produk tas kulit asli seperti Espro Mary Jane dengan bahan kulit sapi, Bonia Kelly Satchel Apricot yang punya harga lumayan hingga Rp. 6.250.000, Elora Large Bottega Leather Satchel dengan bahan kulit bottega, Michael Kors Selma Stud Medium Satchel Leather Chili yang merupakan produk handbag simple, atau BRERA Classic Daily Soft Leather Small handbag asli dari kulit sapi.

Spread the word. Share this post!