Hobi Olahraga lari

Ini termasuk hobi yang murah dan bisa dilakukan oleh semua orang. Olahraga lari juga bisa dilakukan dimana saja. Satu – satunya kendala yang mungkin hanya faktor cuaca saja. Selain menyenangkan bagi sebagian orang, hobi olahraga lari juga menyehatkan tentunya.

Hobi Olahraga lari

Hobi olahraga lari memang bisa dilakukan dimana saja tapi  akan lebih dapat dinikmati bila di alam terbuka yang mempunyai pemandangan indah. Bisa sekalian menikmati pemandangan alamnya. Badan sehat, mata seger dan udara yang dihirup masih terbilang bersih. Tapi memang itu idealnya. Faktanya tidak semua orang bisa begitu. Faktor kesibukan dan lingkungan yang kurang mendukung menjadi penyebabnya. Kembali lagi itu tidak masalah karena faktor fleksibelitas olahraga lari ini memungkinkan dilakukan dalam kondisi tidak ideal. Yang penting hobi anda tersalurkan.

Meskipun memang hobi olahraga lari ini sangat fleksibel, tapi tetap tidak boleh sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan.

  • Memilih sepatu

Sebenarnya olahraga lari bisa dilakukan tanpa menggunakan sepatu. Tapi agar terhindar dari cedera ada baiknya memakai sepatu. Tapi sepatu pun ada baiknya memilih sepatu yang sesuai. Agar lebih optimal pilihlah sepatu ket yang ringan dan memilki alas bagian dalam yang berhubungan langsung dengan telapak kaki yang empuk dan lembut. Jangan lupa juga memakai kaus kaki agar kulit kaki anda tidak lecet.

Dan bila memang karena alasan tertentu anda lebih memilih tidak memakai sepatu, anda harus perhatikan beberapa hal ini. Ini dengan asumsi anda melakukannya diluar ruangan.

  • Liat kondisi cuaca. Jika panas terik maka ketika anda berlari dijalanan akan sangat berbahaya. Panas terik akan membuat lapisan  aspal menjadi panas. Ini bisa membuat anda cedera. Minimal anda akan tersiksa karena kepanasan.
  • Liat trek atau jalan yang akan anda lalui. Olahraga lari tanpa memakai sepatu paling baik dilakukan di tanah atau di atas rumput. Ini akan lebih aman buat anda. Dan yang pasti anda akan lebih menikmati menjalaninya.
  • Lakukan diwaktu yang senggang

Meskipun sifatnya fleksibel, dalam arti bebas kapan saja. Tapi ada baiknya dilakukan dalam waktu yang senggang. Apalagi bila dilakukan out door. Olahraga lari yang dilakukan dalam keadaan diburu waktu, akan memacu jantung lebih cepat. Dan ini tidak baik, apalagi lari menuntut aktifitas optimal dari tubuh. Pada sisi lain ini membuat anda akan sulit menikmatinya.

  • Pemanasan

Banyak orang kurang memperhatikan tahapan ini. Padahal ini sangat penting. Pemanasan sebelum melakukan olahraga menghindari anda dari cedera. Karena dengan pemanasan otot tidak kaget ketika dituntut aktivitas yang dinamis yang tinggi. Kondisi otot akan dilemaskan dulu ketika pemanasan.

  • Lakukan secara rutin

Spread the word. Share this post!