Teknik-teknik Dasar Apa Saja dalam Permainan Badminton?

Sebagian banyak diantara anak-anak menghabiskan waktu senggang dengan bermain game di rumah, jarang sekali saat ini mereka yang memiliki kegemaran dalam permainan yang menguras tenaga, seperti diantaranya olahraga. Sebuah kebiasaan baik yang hendaknya harus dipupuk sedini mungkin, karena fungsinya banyak sekali, tak hanya untuk menunjang kesehatan tubuh, melainkan juga mengoptimalkan pertumbuhan mereka. Coba dengan beberapa jenis olahraga permainan seperti diantaranya adalah badminton atau yang lebih dikenal sebagai tenis.

Tenis meja adalah olahraga yang sebenarnya hampir sama dengan tenis, yaitu saling memukul bola hingga mendapatkan nilai ketika pemain lawan tak bisa mengembalikan bola yang sudah jatuh di bawah lapangan mereka. Hanya saja dilakukan dalam ukuran yang lebih kecil. Peralatan yang digunakan jauh lebih mini, baik itu raket pemukulnya maupun bola yang dipakai. Mengandalkan sebuah lapangan buatan yang terbuat dari meja lebar. Tentunya sesuai dengan ukuran normal dari kebutuhan akan olahraga tersebut.

Permainan yang satu ini sangat membantu melatih konsentrasi dan juga koordinasi untuk buah hati. Bagi yang tertarik untuk mencobanya, maka harus tau beberapa teknik dasar permainan badminton ini, sehingga bermain jadi lebih mudah, diantaranya adalah:

 Baca Juga:PERLENGKAPAN OLAHRAGA BADMINTON YANG HARUS ANDA SIAPKAN

  1. Latihan untuk serve, bagian yang paling awal dilakukan adalah memukul bola ke arah lawan, untuk trik yang satu ini kebanyakan masih sulit melakukannya, karena ukurannya yang kecil dan juga kesulitan dalam mengatur posisi bola agar bisa jatuh ke area lawan.
  2. Memukul balik bola, bola yang sudah diterima dari pemain lawan tak bisa langsung dipukul kembali, melainkan membiarkannya paling tidak jatuh sekali di atas papan bagian Anda, ketika sudah memantul sekali baru bisa dipikul dan dikembalikan, begitu seterusnya hingga tak ada yang bisa memukul balik, ataupun bola masuk keluar area permainan sehingga salah satu pihak mendapatkan angka.
  3. Smash, sebenarnya tak jauh berbeda dengan permainan bulu tangkis maka ada yang dinamakan sebagai smash yaitu pukulan keras yang ditujukan agar lawan tak bisa mengembalikan kembali bola tersebut, sehingga bisa mendapatkan nilai. Namun patut hati-hati karena kebanyakan pukulan keras bisa menyebabkan kerugian sendiri, seperti melambung melewati area permainan.
  4. Latihan untuk mengecoh lawan, latihan ini digunakan untuk pemain yang sudah ahli sehingga nantinya bola yang dipukul ke satu arah mengecoh lawan agar tak bisa mengembalikannya bola tersebut.

Itulah beberapa teknik dasar dalam permainan badminton yang patut untuk diketahui, permainan yang satu ini juga tak kalah dibandingkan dengan tenis karena ada beberapa kejuaraan atau pertandingan yang sering kali dilakukan untuk mencari pemenang, sehingga jika sudah ahli maka bisa ikut serta untuk mendaftarkan diri dan bertanding. Olahraga yang juga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.

Spread the word. Share this post!