Trik Mudah Cara Belajar Banyak Bahasa Asing

Manusia dilahirkan dengan insting bahasa. Otak yang kita miliki secara alami terikat bahasa. Otak mempunyai kemampuan memproses informasi dari gerakan, suara, dan konteks. Kapasitas bahasa ini akan meluas sepanjang hidup. Ini berarti, Anda bisa belajar bahasa kapan saja yang Anda inginkan. Tak perlu repot ke negara tujuan untuk belajar bahasanya, sekarang ini internet banyak dipenuhi dengan penerjemah, apps, hingga ebooks. Lantas bagaimana cara belajar banyak bahasa asing di satu waktu sekaligus?

Trik Mudah Cara Belajar Banyak Bahasa Asing

Pelajari kosakata yang benar dan tepat

Kosakata adalah rintangan yang biasanya ditemukan saat mempelajari sebuah bahasa, kosakata pula yang paling sering membuat orang-orang menyerah sebelum memulai. Padahal, kunci cara belajar bahasa asing adalah mendekatkan diri dengan kosakata yang sering digunakan sehari-hari. Cari tahu kosakata apa yang paling umum digunakan oleh masyarakat, pindahkan dalam catatan sendiri atau gunakan aplikasi. Hal ini bisa memungkinkan Anda untuk menerjemahkan bahasa asing baris demi baris, Anda juga bisa merujuk versi bahasa Indonesianya ketika Anda ingin mengulangi pemahaman.

Lakukan variasi

Mempunyai berbagai macam kegiatan belajar sangat penting menghindari kebosanan. Walaupun pengulangan merupakan inti dari proses pembelajaran. Ada beberapa metode cara belajar ini agar tak membosankan seperti:

  • Variasi materi. Beragamnya materi bisa membuat Anda menjadi semakin terpacu. Awalnya, Anda dapat menggunakan satu jenis materi, kemudian beralih ke cara yang lain seperti menggunakan games. Dengan demikian, Anda bisa menemukan beberapa aspek dari sumber belajar bahasa yang lebih efektif dan menarik.
  • Lakukan variasi kegiatan. Membaca serta mendengarkan merupakan kegiatan yang bermanfaat untuk bisa menguasai bahasa, namun dua metode ini bukan satu-satunya cara. Sehingga, jika Anda sering melakukan kegiatan seperti bercengkrama dengan teman, atau bahkan orang-orang yang menggunakan bahasa tersebut, Anda bisa lebih cepat mempelajarinya.
  • Lakukan variasi posisi. Mungkin Anda akan terkejut mengetahui jika posisi juga memegang peran penting dalam belajar. Dengan kata lain. Posisi tubuh mempunyai dampak pada konsentrasi yang mempengaruhi kemampuan menyimpan informasi. Jadi jangan hanya diam, namun Anda bisa melakukan hal lain sembari belajar bahasa.

Jaga kualitas serta kuantitas belajar Anda

Belajar bahasa asing pasti memiliki banyak rintangan, serta banyak aspek bahasa yang bisa menyiutkan nyali. Sehingga, di awal pembelajaran sangat penting menomorsatukan kualitas untuk membangun fondasi yang kuat. Ada beberapa pedoman cara belajar bahasa asing yang berkualitas seperti:

  • Memahami teks pendek terlebih dulu.
  • Mencoba belajar 1 hingga 3 kali dalam sehari, lakukan secara berkala dengan pembagian waktu yang adil,
  • Jadwalkan periode belajar secara efektif, hindari belajar di waktu yang riskan untuk sulit berkonsentrasi,
  • Fokuskan waktu Anda benar-benar untuk belajar, seperti 30 menit untuk belajar secara intensif.

Spread the word. Share this post!