Penyebab Sekaligus Cara Menghilangkan Komedo

cara menghilangkan komedo

cara menghilangkan komedo

Keliru dalam memilih cara menghilangkan komedo bisa menjadikan masalah kulit yang dihadapi semakin kompleks. Semisal dengan cara memencet satu per satu setiap komedo yang muncul maka akan menjadikan pori-pori membesar. Jika sudah demikian akan menjadikan banyak kemungkinan penyumbatan pori terjadi dan menghasilkan jerawat yang lebih mengganggu. Maka perlu sedikit ketelitian dalam merawat wajah sebagai tujuan menghilangkan komedo yang mengganggu tersebut.

Pemilik masalah wajah berkomedo biasanya adalah orang dengan jenis kulit berminyak, sebab minyak berlebihan bisa memicu komedo naik ke permukaan kulit. Adanya komedo akan menjadikan kulit wajah terlihat kusam karena nampak belum bersih sempurna. Butiran komedo ini juga memberikan masalah yang sangat berarti bagi mereka yang gemar merias wajah. Sebab produk make up akan lebih sulit melekat ke kulit ketika tertutup oleh komedo ini sehingga hasilnya mengecewakan.

Mengenal Penyebab Munculnya Komedo

Sebelum paham benar apa saja cara menghilangkan komedo yang mengganggu penampilan, terlebih dahulu mari berkenalan dengan penyebabnya, yaitu:

  1. Produksi minyak kulit secara alami yang tergolong berlebihan sehingga menyumbat pori.
  2. Kurang maksimal saat membersihkan wajah dari make up sehingga menyumbat pori dan menghasilkan komedo.
  3. Sering mengalami stress yang kemudian memicu ketidakseimbangan hormon dan muncullah komedo.
  4. Gaya hidup yang tidak baik bagi kesehatan, semisal sering merokok, sering minum alkohol atau kafein, dan makanan tinggi minyak dan lemak.

Tips Mengatasi Masalah Komedo

Mengetahui apa saja penyebab dari munculnya komedo sangat bermanfaat untuk memilih metode penyembuhan yang tepat. Berikut beberapa kiat alami untuk mengatasinya:

Menggunakan ampas kopi,

Ampas kopi bisa dimanfaatkan untuk mengatasi komedo berlebihan, atau bisa pula memilih scrub wajah siap pakai di pasaran. Ampas kopi bisa dibeli dari penjual kopi tumbuk, bisa langsung digunakan sebagai masker wajah. Atau terlebih dahulu menyeduhnya untuk kemudian ampas seduhan tersebut diambil untuk dijadikan masker wajah. Cara pemanfaatannya sederhana saja, cukup mengoleskan ampas kopi yang sudah dibasahi ke wajah. Pijat perlahan dan diamkan selama kurang lebih 15 menit, lalu kemudian dibilas dengan air hangat.

Memanfaatkan biji gandum atau oats,

Cara praktis lainnya untuk mengusir komedo ialah dengan menggunakan gandum atau oats sebagai masker wajah. Caranya cukup mudah juga yakni hanya mencampurkan biji oats secukupnya dengan sedikit air hingga menyatu. Kemudian campuran ini dibalurkan ke area wajah, terutama di bagian-bagian tertentu yang menjadi sarang komedo. Gosok sebentar dan perlahan menggunakan jari tangan, tekanan ditingkatkan di area yang banyak komedonya. Baru kemudian didiamkan sebentar saja hingga terasa mengering lalu dibilas dengan air hangat atau dingin. Memanfaatkan oats bisa menjadi cara menghilangkan komedo yang cocok bagi kulit Anda.

Spread the word. Share this post!

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *