Tips Merawat Peralatan Sekolah Si Kecil

 

Ketika anak Anda memasuki bangku sekolah dasar untuk pertama kalinya, tentu akan banyak sekali barang dan perlengkapan yang harus Anda beli untuk mendukung kegiatan belajarnya di sekolah. peralatan sekolah yang kurang membuat proses belajarnya terhambat, sehingga anak terkadang menjadi malas belajar dan mengerjakan tugas.

Seringkali perlengkapan maupun peralatan sekolah si kecil rusak atau hilang. Berbagai faktor menjadi penyebabnya. Berikut ini merupakan tips dan trik yang bisa Anda lakukan untuk mensiasati hal tersebut.

Peralatan Sekolah

Latih lah anak untuk merawat dan menjaga baik-baik perlengkapan dan peralatan sekolahnya, sehingga ia bisa belajar disiplin dan bertanggung jawab:

  • Pertama-tama, biasakan si kecil untuk memberi label nama pada alat-alat tulisnya atau memberi ciri khusus seperti stiker. Hal ini bertujuan agar tidak mudah tertukar dengan temannya. Ketika peralatan sekolahnya tertinggal, seseorang akan mudah mencari identitas nya untuk dikembalikan.
  • Beri sampul plastik pada buku sehingga tidak mudah rusak saat kehujanan.
  • Selalu cek perlengkapan belajar si kecil sebelum dan sesudah digunakan di sekolah.

Sedangkan untuk merawat peralatan sekolah yang lain seperti sepatu, tas sekolah, seragam dan lain-lain dapat Anda ajari pada si kecil secara bertahap. Sesuai dengan tahapan perkembangannya. Misalkan saat kelas 1 SD, ajari anak untuk melabeli buku dan alat tulisnya seperti di atas. Kelas 2 mulailah ajari anak cara merawat tasnya. Kelas 3, ajari anak cara merawat sepatu dan kaos kakinya, dan seterusnya sampai ia terbiasa dengan hal-hal tersebut dan bisa melakukannya sendiri tanpa disuruh:

Berikut peralatan sekolah anak yang harus di rawat, seperti:

  • Cara merawat seragam sekolah

Anak-anak pada umumnya lebih aktif bermain saat di sekolah karena disanalah ia bertemu dengan banyak teman. Cucilah segera seragam sekolah si kecil setelah ia pulang kerumah. Sediakan seragam sekolah yang sama agar bisa dipakai bergantian. Namun jika hanya memiliki satu stel seragam saja, segera gantung pada hanger dan angin-anginkan.

  • Cara merawat tas sekolah

Sebenarnya ada banyak cara agar tas sekolah anak lebih awet dan tetap bagus meski sudah dipakai lama. Namun, cara yang paling mudah untuk merawat tas anak adalah menggunakannya sesuai kapasitas. Jangan isi tas dengan beban yang terlalu berat, sehingga tas tidak mudah rusak dan tidak mengganggu pertumbuhan si kecil karena beban berat yang ia bawa. Cara lainnya adalah dengan mencucinya sebulan sekali dan menjemurnya di tempat yang teduh agar tas bisa lebih awet. Ajari anak untuk tidak melempar-lemparkan tasnya sembarangan. Selain kebiasaan itu tidak baik, tas juga akan cepat rusak. keluarkan semua buku yang ada di dalam tas selesai dipakai lalu simpan di almari atau gantung di kapstok.

  • Cara merawat sepatu dan kaos kaki

Biasakan anak untuk menaruh sepatu pada raknya setelah dipakai sehingga terhindar dari debu dan kotoran. Jangan taruh kaos kaki di dalam sepatu karena akan membuatnya semakin bau. Taruhlah kaos kaki di tempat lain. Cucilah sepatu anak Anda seminggu atau dua minggu sekali tergantung tingkat kekotorannya. Ganti kaos kaki anak 2 atau 3 hari sekali agar kaki anak tetap sehat.

  • Merawat buku pelajaran

Buku pelajaran anak seringkali rusak karena kurang dirawat. Lakukan hal yang sama dengan cara merawat buku tulis, yaitu memberinya sampul plastik dan menyimpannya di tempat yang bersih dan kering.

Demikian tips-tips merawat peralatan sekolah anak sekaligus melatih kedisiplinan dan rasa tanggung jawabnya sedari dini dan dapatkan berbagai macam peralatan sekolah di toko online seperti bukalapak.com. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Spread the word. Share this post!