3 Cara Merawat Tubuh untuk Mengatasi Kulit Mengelupas

Kulit merupakan salah satu tameng tubuh yang memiliki banyak fungsi. Kulit berguna untuk melindungi system orang yang ada dalam tubuh, mengatur suhu tubuh kita dalam keadaan dingin atau hangat, sebagai indra peraba dengan rasa sakit atau menyenangkan, yang juga berfungsi untuk melindungi tubuh kita dari paparan sinar UV. Namun, adakalanya kulit kita ini memiliki berbagai masalah. Salah satunya adalah kulit mengelupas. Lalu bagaimana cara kita merawat tubuh agar kulit tetap terlindungi dan tidak mengelupas? Berikut ulasannya untuk Anda.

3 Cara Merawat Tubuh untuk Mengatasi Kulit Mengelupas

Penyebab Kulit Mengelupas

Kulit bisa mengelupas karena beberapa hal, karena kulit memiliki banyak lapisan. Nah, pada lapisan teratas kulit atau yang disebut dengan epidermis ini memiliki sel yang bernama keratin. Yang mana keratin ini mudah sekali layu jika sering terpapar sinar matahari dan juga pergantian cuaca yang ekstrim. Sehingga keratin yang layu tersebutlah yang menyebabkan sel-sel kulit perlahan mati dan melepaskan diri dengan cara mengelupas. Namun Anda tidak perlu khawatir, jika kulit Anda mengelupas nantinya akan muncul lagi sel-sel kulit muda yang tumbuh. Paling tidak butuh satu bulan lamanya untuk muncul kulit baru pada kulit Anda. Agar terhindar dari kulit mati dan mengelupas Anda hanya perlu merawat tubuh dengan baik agar kulit tetap terjaga kelembabannya sehingga tidak mudah kering dan mengelupas.

Berapa Banyak Kulit yang Mengelupas

Tahukah Anda jika dalam waktu 24 jam saja, Anda sudah kehilangan lebih dari sejuta sel kulit dari tubuh Anda. Sel kulit Anda yang mengelupas akan membentuk serpihan yang halus seperti debu. Pengelupasan kulit bisa terjadi secara alami untuk menghilangkan kulit mati dari tubuh atau juga bisa dikarenakan adanya iritasi kulit yang Anda miliki atau karena paparan sinar matahari yang berlebihan. Bisa juga karena Anda melakukan cara merawat tubuh yang salah dan berlebihan yang justru malah merusak kulit.

Cara Merawat Kulit yang Mengelupas

Ada banyak cara merawat kulit Anda dengan baik dan benar agar terhindar dari kulit mengelupas, antara lain:

  • Kompres dengan Air Dingin

Ambil sebuah kain dan rendam dalam air dingin, peras hingga tiada air yang tersisa, lalu letakkan pada area kulit Anda yang mengelupas secara perlahan. Jangan digosok dengan keras karena akan membuat iritasi kulit. Diamkan saja dalam beberapa menit atau 10-15 menit saja pada kulit yang mengelupas, lalu bilas dengan air bersih dan kompres lagi beberapa saat kemudian.

  • Gunakan Susu, Oatmeal, atau Cuka Putih

Cuka selain digunakan dalam bahan masakan juga mampu untuk meringankan rasa sakit pada kulit Anda yang mengelupas, dengan cara mengoleskan sedikit saja cuka putih pada area kulit yang mengelupas. Susu juga mampu untuk mengangkat serpihan kulit mati akibat pengelupasan kulit. Lalu ada juga oatmeal yang mampu melembabkan dan memperbaiki kulit yang mengelupas tadi.

Baca juga artikel menarik lainnya di gayahidupterkini.com

  • Gunakan Lotion Pelembab

Cara merawat tubuh dengan lotion pelembab merupakan cara ampuh juga untuk mengatasi kulit kering. Selain mampu untuk mengobati, lotion juga mampu untuk kembali melembabkan kulit dan kembali meregenerasi kulit dengan baik.

 

Spread the word. Share this post!