Air Mawar Asli dan Cara Membuatnya bagi Pemula!

Siapa yang tak kenal dengan bunga mawar? Ya, bunga yang sarat akan symbol romantisme ini kini dikenal dengan banyaknya manfaat kecantikan yang dapat diberikannya. Salah satu manfaat kecantikan alami yang dapat dipetik dari bunga mawar adalah air mawar. Saat ini mungkin beberapa produk kecantikan sudah banyak mengeluarkan varian air mawar, beberapa diantaranya adalah viva kosmetik.

Akan tetapi apabila kamu ingin mendapatkan air mawar asli, kamu juga bisa loh membuat sendiri. Dan ternyata caranya sangatlah mudah. Penasaran dengan bagaimana caranya? Berikut ulasan lengkapnya ya!

Persiapkan bahan-bahan                         

Dalam mendapatkan air mawar asli, tentu saja bunga mawar yang digunakan juga harus asli ya. Langkah pertama dalam membuat air mawar ini adalah, persiapkan bahan-bahan untuk membuat air mawar. Bahan-bahan tersebut berupa seratus lima puluh gram kelopak bunga mawar segar. Hal yang perlu menjadi perhatian di sini adalah, pilihlah warna bunga mawar yang senada agar hasil air mawar alami mu nanti warnanya padu dan aromanya tidak menjadi aneh.

Selain itu, siapkan pula 475 ml air bersih kalau perlu air matang. Bila kamu ingin membuat air mawar dengan jumlah yang lebih banyak, maka tambahkan campuran kelopak mawar dan air dengan takaran dua hingga tiga kali lipatnya.

Pemilihan kelopak air mawar

Di sini kamu diharuskan untuk jeli dalam memilih bentuk dan tekstur kelopak mawar terbaik. Selain segar dan tanpa cacat, hal lain yang perlu diperhatikan dalam pemilihan adalah kebersihan kelopak dari adanya serangga atau kutu bunga. Pemilihan bahan dasar air mawar inilah yang akan menentukan hasil bagus atau tidaknya air mawar buatanmu nantinya.

Setelah memilih dan memilah kelopak bunga mawar segar, segera cuci kelopak mawar tersebut menggunakan air mengalir. Hal ini ditujukan agar kotoran-kotoran yang tersisa di bunga mawar turut hilang dalam aliran air. Setelah itu, masukkan kelopak mawar segar tersebut ke dalam panci yang telah diisi air bersih, nyalakan kompor dan rebus kelopak mawar tersebut hingga mendidih dengan menggunakan api kecil. Jangan lupa tutuplah panic agar rebusan air mawar tersebut tak terkontaminasi dengan zat-zat lainnya ya. Tunggu selama kurang lebih dua puluh menit lalu dinginkan hasil rebusan tersebut

Pengemasan

Langkah terakhir adalah setelah mendidih, matikan kompor dan diamkan air rebusan mawar tersebut selama kurang lebih 20 menit. Setelah suhu rebusan mawar anda sudah agak dingin, siapkan saringan dan baskom. Setelahnya, saring rebusan air mawar tersebut hingga tuntas. Siapkan botol kemasan khusus yang sebelumnya telah dicuci bersih yang dari awal sudah diperuntukkan untuk jadi kemasan air rebusan mawarmu.

Kemudian, tuang hasil saringan rebusan mawar ke dalam botol. Apabila masih terdapat uap, maka diamkan selama beberapa saat hingga air mawar benar-benar dingin. Kamu juga dapat menyimpannya di dalam kulkas, sebagai cara alternatif agar uap panas di botol air mawar tersebut benar-benar hilang. Terakhir tutup botol kemasan tersebut secara rapat dan air mawar buatan rumahan yang kaya manfaat pun siap untuk digunakan!

Bagaimana? Cukup mudah dan praktis bukan cara membuat air mawar asli tersebut? Selain praktis, kamu juga tak perlu repot mengeluarkan kocek berlebih untuk membeli air mawar di pasaran. Untuk air mawar yang tahan lama, simpanlah di dalam kulkas agar lebih segar saat ingin menggunakannya. Selamat mencoba!

Referensi: https://review.bukalapak.com/beauty/5-cara-menggunakan-air-mawar-dalam-rangkaian-skincare-harian-38839

Spread the word. Share this post!