Ajaib, 5 Bahan Alami ini Mampu Mencerahkan Wajah Kusam

Memiliki kulit wajah yang cerah dan bercahaya tentu menjadi impian banyak orang. Wajah yang cerah dan bercahaya sendiri dapat diperoleh dari dua kemungkinan, yaitu dengan adanya polesan make up atau memang karena sudah cerah dan bercahaya secara natural. Pada dasarnya, proses setiap individu berbeda beda dalam melakukan perawatan kulit wajah agar tampak lebih cerah dan bersinar. Mulai dari melakukan perawatan di klinik kecantikan, hingga membeli rangkaian produk pencerah yang memang tidak bisa dikatakan murah. Dalam paketnya biasanya terdiri dari krim pencerah, serum wajah, krim malam, krim pagi, dan lain sebagainya.

Namun, beberapa orang juga nampaknya tidak cocok dengan adanya produk produk yang memang kebanyakan berasal dari bahan kimia itu ataupun biasanya ada efek samping yang muncul setelah menggunakan produk tersebut. Nah, untuk mengatasinya Anda tak perlu khawatir. Karena dengan menggunakan bahan bahan alami yang ada di sekitar, Anda juga mampu untuk membuat wajah Anda terlihat lebih cerah merona.

Bahan bahan alami yang digunakan juga biasanya tak menimbulkan efek samping, secara keuangan justru akan lebih ekonomis. Anda pun dapat me-time di rumah sendiri loh.

Cara mencerahkan wajah kusam secara alami juga tak sesulit yang dibayangkan. Kebanyakan memang Anda hanya cukup menggunakan bahan bahan alami seperti buah buahan untuk digunakan sebagai masker.

Penasaran bahan bahan apa saja yang dapat digunakan sebagai pencerah wajah? Yuk simak selengkapnya!

  1. Yogurt dan Bubuk Kunyit

Ya, cara mencerahkan wajah kusam yang pertama adalah dengan menggunakan yogurt. Jika memang selama ini Anda sudah mengetahui khasiat yogurt untuk kesehatan apabila dikonsumsi, ternyata yogurt juga memiliki manfaat dalam bidang kecantikan. Yogurt sendiri dapat dibuat sebagai masker alami untuk mencerahkan wajah.

Anda dapat mencampurkan bubuk kunyit ke dalam yogurt, namun perlu diingat bahwa yogurt yang akan digunakan merupakan yogurt plain, Anda dapat membelinya di swalayan ataupun supermarket terdekat. Untuk formulasi maskernya adalah dengan mencampurkan sebanyak 2 sendok teh yogurt ke dalam sebuah wadah dengan ½ sendok teh bubuk kunyit, dan 1 sendok teh minyak zaitun. Gunakan sebagai masker, diamkan beberapa saat dan bilas dengan air bersih. Di sini fungsi dari kunyit sendiri memang untuk mencerahkan.

  1. Santan Kelapa

Bahan alami lainnya adalah santan kelapa. Memang santan kelapa identik dengan masakan ya? Namun siapa sangka bahwa santan kelapa ini dapat dibuat menjadi masker yang juga dapat memiliki khasiat untuk mencerahkan kulit wajah yang kusam.

Cara membuat maskernya adalah dengan mencampurkan sebanyak 2 sendok teh santan ditambah 1 sendok teh madu dan 1 sendok teh perasan air jeruk lemon untuk menyamarkan bau santan yang mungkin menyengat. Cukup digunakan sebagai masker secara merata pada kulit wajah, diamkan beberapa saat dan kemudian bilas dengan air bersih.

  1. Pisang

Buah yang satu ini memang tak pernah absen dengan segala kebaikannya pada kesehatan ya. Pisang yang memang kaya akan potasium ini dapat menjadi masker alami untuk mencerahkan wajah yang kusam. Dengan beberapa bahan tambahan seperti yogurt dan air lemon, selain mampu mencerahkan, masker pisang ini juga dapat membuat kulit menjadi lebih kenyal.

  1. Pepaya

Masih dalam nuansa buah buahan yang dapat dijadikan masker. Pepaya memiliki kandungan enzim papain yang juga dapat berguna untuk mencerahkan kulit.

Cara untuk membuat masker pepaya adalah dengan menghancurkan ½ cangkir kecil buah pepaya yang kemudian dicampur dengan yogurt dan madu sebanyak 1 sendok teh. Gunakan secara rutin sebagai masker untuk hasil yang maksimal.

  1. Masker Labu

Labu memang terkenal sebagai bahan makanan yang bersifat mendinginkan atau sebagai inflamasi. Dengan penambahan bubuk kunyit, buah labu yang sudah dihaluskan mampu menjadikan kulit wajah yang cerah secara alami.

 

Kembali lagi, selain cara mencerahkan wajah dengan bahan alami, Anda juga dapat memilih produk buatan, salah satunya seperti penggunaan serum wajah Wardah yang memang sudah dikenal cocok untuk kulit wanita Indonesia.

Spread the word. Share this post!