Apa yang Dimaksud dengan Baking Pada Makeup? Simak Ulasannya Berikut Ini!

Ketika Anda mendengar kata baking mungkin yang Anda pikirkan adalah memanggang roti namun, baking ternyata juga berlaku saat sedang merias wajah. Baking makeup bisa membuat wajah menjadi terlihat lebih flawless dan tidak cracky sehingga riasan anda bisa tahan lebih lama namun tetap terlihat bagus dan maksimal. baking ini adalah teknik rias yang mempergunakan panas tubuh serta minyak alami untuk ‘membakar’ agar riasan yang Anda sapukan ke wajah menjadi menyatu dengan kulit. Hasilnya riasan Anda terlihat lebih bagus, namun, hindari untuk melakukan kesalahan saat baking sehingga tidak menyebabkan hasil yang justru terlihat tidak menarik.

Untuk melakukan baking, terdapat beberapa step atau langkah yang bisa anda lakukan. Pertama adalah pastikan lebih dahulu jika Anda sudah menggunakan primer dan foundation. Pastikan juga kerut halus di bawah mata sudah tersamarkan sehingga hasilnya lebih bagus. Lalu aplikasikan concealer di area bawah mata ataupun di area yang memiliki noda bintik hitam misalnya bekas jerawat atau warna kulit yang kusam yang ingin ditutupi. Pastikan area yang ingin Anda tutupi, seperti bawah mata dari mata panda, sudah tertutup dengan baik. Gunakan blending brush atau dengan sponge untuk meratakan concealer tersebut.

Kedua adalah menggunakan loose powder. Untuk baking maka produk makeup yang Anda butuhkan adalah loose powder yang biasanya Anda pergunakan. Anda bisa menggunakan beauty blender, brush ataupun dengan aplikator bedak anda, ke bagian yang sudah Anda beri concealer. Dengan cara ini, bedak akan berguna untuk mengunci concealer yang Anda pergunakan tersebut. Jika Anda ingin mendapatkan riasan yang lebih menutupi bagian yang kurang sempurna, Anda bisa menggunakan bedak lagi untuk lapisan kedua. Biarkan selama 5-10 menit untuk baking. Tidak jarang ada yang mendiamkannya hingga 20-30 menit. Sembari menunggu proses baking selesai, Anda bisa melakukan riasan untuk mata misalnya membuat alis, mengaplikasikan eyeshadow ataupun eyeliner, maskara dan bulu mata palsu.

Ketiga adalah bersihkan. Setelah Anda menggunakan loose powder untuk proses baking pada wajah Anda, Anda bisa membersihkan bedak tersebut dengan menggunakan foundation/powder brush. Jangan langsung menghilangkannya dengan menyapukan brush secara kasar karena bisa menyapu atau menghilangkan lapisan riasan di bawahnya. Blend it gently misalnya dengan gerakan memutar, tipis dan perlahan sehingga bedak yang digunakan untuk baking bisa merata.

Pastikan jika Anda tidak melakukan baking pada semua bagian muka wajah Anda. Lakukan baking di tempat tertentu misalnya di bawah mata, di bagian bawah contour pipi atau di bagian lain yang menggunakan concealer. Setelah baking Anda bisa menggunakan setting spray untuk mengunci riasan Anda sehingga makeup Anda menjadi terlihat bagus dan flawless apalagi jika Anda hendak menggunakannya dalam jangka waktu yang lama.

Spread the word. Share this post!