Cara Mengecilkan Pori Pori yang Aman Tanpa Menimbulkan Iritasi pada Kulit!

Pori-pori yang membesar adalah salah satu kendala dalam tampilan wajah. Meski sebenarnya kehadiran pori-pori sangat diperlukan untuk mengeluarkan keringat dan minyak di permukaan kulit, namun jika pori-pori membesar, hal tersebut bisa menyebabkan masalah kulit lain seperti jerawat, kulit kusam, dan lainnya. Selain itu, kondisi pori-pori yang membesar besar, biasanya pada wajah, membuat seseorang menjadi kurang percaya diri hingga seseornag akan melakukan berbagai cara untuk menghilangkan kotoran atau cara mengecilkan pori pori di wajah.  Apabila kamu saat ini memiliki pori-pori yang membesar, ada beberapa cara menutup pori pori tersebut.

Berikut adalah ulasannya!

  1. Bersihkan wajah dengan benar

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam cara mengecilkan pori pori adalah dengan membersihkan wajah. Tak sembarangan membersihkan wajah, air yang sebaiknya digunakan adalah air hangat, bukan air dingin.

Setelah itu baru aplikasikan produk pembersih wajah. Lakukan pijatan yang lembut pada wajah dan leher dengan gerakan melingkar selama 30-60 detik. Setelah itu bilaslah dan keringkan dengan cara menepuk-nepuk handuk lembut ke wajah. Lakukan setiap pagi dan malam agar hasilnya segera terlihat.

  1. Lakukan pengelupasan kulit dengan bantuan scrubbing

Pengelupasan kulit ditujukan untuk mengangkat sel kulit mati dan minyak berlebih di wajah dan membuat pori-pori wajah terlihat mengecil. Dengan melakukan scrubbing dua kali seminggu, kondisi kulit akan membaik dan terus membaik. Oleh karena hasil tersebut, scrubbing juga disebut sebagai cara menghilangkan pori pori yang ada dalam rangkaian perawatan wajah.

  1. Tidurlah dengan wajah yang bersih

Sebelum tidur, jangan lupa untuk membersihkan wajah dari riasan makeup sebelum tidur. Jika tidak dilakukan, bisa membuat pori-pori tersumbat dan juga bisa membuat pori-pori menjadi semakin besar.

  1. Jangan pencet komedo dan jerawat

Jerawat dan komedo merupakan dua hal yang sering membuat gemas dan kesal karena dua hal tersebut menganggu penampilan. Biasanya, seseorang mencoba menghilangkannya dengan cara memencet satu per satu jerawat atau komedo yang berada di wajah. Ternyata kebiasaan tersebut sangat tidak baik lho untuk pori-pori wajah.

Jerawat atau komedo yang kamu pencet bisa membuat pori-pori semakin membesar. Maka, hal tersebut kemudian tidak disarankan lagi untuk dilakukan karenabukannya menghilangkan masalah pada wajah, malah menambah masalah baru.

  1. Mulai menggunakan masker

Untuk mengecilkan pori-pori wajah, kamu bisa menggunakan beberapa jenis masker seperti putih telur dan clay. Untuk bahan putih telur, ternyata sudah banyak produk kecantikan yang menggunakan bahan dasar putih telur. Kamu bisa mengaplikasikan masker putih terlur secara langsung atau dengan menggunakan produk kecantikan berupa masker instan putih telur.

Jika digunakan secara rutin, hasilnya akan optimal dalam waktu kurang dari sebulan. Kamu juga bisa mencoba menggunakan clay mask yang saat ini menjadi salah satu primadona perawatan kulit. Masker ini ternyata bahan dasar lumpur yang banyak dipercaya mempunyai kemampuan pengangkatan sel kulit mati dan kotoran pada wajah hingga ke lapisan kulit dalam.

Selain cara-cara yang sudah disebutkan di atas, kamu juga bisa rutin menggunakan tabir surya setiap tiap hari dengan SPF minimal 30 supaya kulit tetap terlindungi dan tidak terpapar langsung dengan sinar matahari.

Untuk mengoptimalkan pengecilan pori-pori, hindari juga konsumsi makanan yang tidak sehat dan makanan yang mengandung lemak tinggi seperti kripik, gorengan, dan makanan instan lainnya.

Spread the word. Share this post!