Ini Dia Berbagai Manfaat Madu Jika di Lihat dari Sisi Medis

Madu dikenal mempunyai berbagai macam manfaat yang baik untuk kecantikan dan kesehatan. cairan rasa manis yang dihasilkan oleh lebah ini pada akhirnya digunakan untuk obat tradisional dan dipercaya dapat mengatasi berbagai macam kondisi. Cairan ini terdiri dari berbagai macam kandungan seperti karbo, air, vitamin seperti vitamin C dan B hingga kalsium. Masyarakat sering menggunakan madu untuk oat atau untuk meredakan batuk, diare dan alergi. Bukan hanya itu, banyak orang yang menggunakannya untuk serangkaian permasalahan kulit seperti mengatasi kulit yang gatal hingga meredakan jerawat.

Bila Anda tertarik menggunakan cairan yang dihasilkan oleh lebah ini sebagai obat tradisional, ada baiknya bila Anda mengetahui manfaatnya dari segi medis. Pertama, batuk. Beberapa penelitian menyebut jika rasa manis di cairan ini bisa memicu produksi lendir dan air liur. Hal ini akan membasahi tenggorokan sehingga meredakan batuk. Mengonsumsi sebelum tidur akan mengurangi batuk pada orang dewasa serta anak-anak 2 tahun ke atas. Khasiat cairan ini bisa disamakan dengan obat batuk.

Kedua, bisa menyembuhkan luka. Anda bisa mengolesi madu olahan maupun krim yang memiliki kandungan cairan dari lebah ini di kulit terluka. Nutrisi serta bahan kimia lainnya di cairan ini bisa mempercepat penyembuhan luka dengan mengurangi rasa sakit, infeksi, nanah dan bau kurang sedap pada luka. Jenis luka yang bisa disembuhkan seperti luka bakar, lecet, setelah operasi dan yang lainnya.

Terakhir, beberapa penelitian menemukan jika mengkonsumsi cairan lebah ini setiap hari mungkin dapat menurunkan kadar gula darah penderita diabetes. Bukan hanya itu, kadar kolesterol serta berat tubuh penderita diabetes. Tetapi, penurunan ini tergolong kecil dan tetap dibutuhkan penelitian yang lebih lanjut. Bila dikonsumsi serta dioles ke kulit menggunakan dosis yang tepat, besar kemungkinan cairan lebah ini sangat aman. Anak-anak yang berusia di atas 1 tahun juga secara umum bisa mengkonsumsinya. Namun, lebih baik hindari memberikan untuk anak yang berusia kurang dari setahun agar menghindari resiko botulisme atau keracunan karena racun yang diproduksi oleh bakteri.

Terlepas dari itu, harus diketahui bila tidak semua madu sangat aman. Terdapat jenis yang berkemungkinan kurang aman bila dikonsumsi, yakni jenis yang berasal dari nektar rhodedendron. Jenis ini memiliki resiko menyebabkan tekanan darah rendah, nyeri bagian dada serta masalah pada jantung karena memiliki kandungan racun. Kemungkinan aman dikonsumsi oleh ibu menyusui dan hamil, tetapi agar bisa menjaga keselamatan si kecil, lebih baik ibu menyusui dan hamil menghindari pengonsumsian cairan ini. jika Anda memiliki alergi pada serbuk sari, Anda juga lebih baik menghindari konsumsinya, cairan manis ini bisa menyebabkan reaksi alergi. Bila Anda mengkonsumsinya, lebih baik pastikan terlebih dulu telah terdaftar pada BPOM.

Spread the word. Share this post!