Jangan Sampai Salah, Begini Cara Mencukur Rambut yang Benar!

Potongan rambut tak dipungkiri sedikit banyak mempengaruhi kepercayaan diri. Tidak hanya pada wanita, kaum pria juga harus memperhatikan gaya rambut yang digunakannya. Seiring dengan berkembangnya tren fashion di kalangan masyarakat kita, potongan rambut pria 2018 banyak terinspirasi dan berkiblat pada tren di Eropa dan Amerika Serikat.

Tren gaya rambut pria 2018 untuk Anda. (https://review.bukalapak.com/mens-grooming/tren-gaya-rambut-pria-2018-tiru-5-model-rambut-ala-seleb-indonesia-53295 )

Untuk hal lain mungkin Anda dapat mencoba segala sesuatunya secara bebas, akan tetapi untuk urusan cara mencukur rambut, Anda tidak boleh sembarangan. Hal ini dikarenakan akan berpengaruh pada bagus tidaknya tampilan Anda.

Selain melakukan potong rambut di salon, Anda juga dapat melakukan potong rambut sendiri di rumah, namun tentu saja Anda harus berlatih. Untuk itu, berikut adalah beberapa langkah dasar yang harus Anda ketahui dalam hal memotong rambut.

Langkah yang pertama adalah mencuci rambut. Gunakan shampo dan kondisionernya. Untuk menghindari kerusakan rambut, pilihlah satu produk yang paling tepat berdasarkan tipe rambut. Meski jarang orang yang melakukan ini, pencucian rambut akan membantu Anda dalam merawat rambut agar tidak rusak. Apabila Anda tidak melakukan pencucian rambut, maka Anda harus membasahi rambut.

Langkah ini bertujuan untuk melihat rambut bisa melihat dengan baik bagaimana rambut jatuh secara alami. Hal ini juga memudahkan dalam melihat gaya dan arah potongan rambut.  Tetapi cara ini hanya untuk rambut yang lurus, bila rambut anda keriting atau bergelombang, Anda tidak disarankan membasahi rambut sebelum melakukan pemotongan.

Langkah ketiga adalah memilih gaya rambut. Cara mencukur rambut tak terlepas dari memilih gaya rambut, biasanya bentuk wajah seseorang yang menjadi acuan. Jika Anda memiliki bentuk wajah yang oval, maka Anda dapat memilih berbagai macam jenis gaya rambut.

Untuk bentuk wajah yang lain, Anda dapat mengkonsultasikannya pada orang yang ahli pangkas rambut. Selain itu, Anda juga dapat mencari informasi sebanyak-banyaknya perihal potongan rambut yang akan Anda pilih agar tak salah memilih gaya rambut nantinya.

Langkah selanjutnya adalah memotong. Setelah kamu mengetahui cara mendapatkan gaya rambut yang dipilih, pisahkan rambut menjadi beberapa bagian. Biasanya, tukang salon pria menggunakan jepit rambut bila rambut anda berukuran panjang.

Langkah berikutnya adalah membentuk rambut sesuai dengan model rambut yangAnda inginkan. Pahamilah tujuan di balik membentuk gaya rambut (texturizing), yaitu menipiskan rambut guna membuang rambut yang berlebihan. Gunakanlah gunting khusus untuk membentuk rambut Anda dan berhati-hatilah saat menentukan rambut yang akan Anda buang.

Anda juga dapat mempelajari beberapa skill texturizing seperti point cutting, v notching, v free, slithering, slicing, teknik menggunting di atas sisir, dan potong dengan pisau cukur. Skill tersebut nantinya akan dapat Anda aplikasikan ke beberapa gaya rambut yang berbeda yang tentu saja disesuaikan dengan kebutuhan.

Langkah terakhir adalah merapikan rambut. Jika Anda di awal disarankan untuk membasahi rambut sebelum dipotong, maka sekarang saatnya untuk mengeringkannya agar Anda dapat melihat hasil dan menyeimbangkan ujung-ujung rambut yang tidak rata. Jangan lupa untuk melakukan pemotongan pada ujung rambut saat penyelesaian. Periksa kembali potongan rambut yang tidak rata. Periksa juga bagian poni, apakah terlalu panjang sehingga harus dibuang kelebihan rambutnya. Cek lagi hingga benar benar rapi. Terakhir jangan lupa untuk menyapu rambut yang berjatuhan di lantai agar tidak berterbangan.

Spread the word. Share this post!