Kenali Berbagai Macam Penyebab Komedo Putih di Wajah!

Komedo di wajah sering kali dianggap bisa mengganggu penampilan kita. Meski komedo ini hanya berukuran kecil, tetapi tetap saja dapat menurunkan kepercayaan diri kita. Komedo sendiri merupakan hasil dari penyumbatan kelenjar minyak karena penumpukan sel kulit mati. Komedo ini biasanya berwarna putih atau bisa juga hitam. Karena saking mengganggunya komedo ini, tidak jarang kita mencari berbagai cara menghilangkan komedo di wajah. Sudah berbagai tips menghilangkan komedo yang sudah kita coba, namun komedo sering kali muncul kembali. Jika sudah demikian, lebih baik kita mengenali penyebab komedo putih agar kita bisa meminimalisir faktor faktor pencetusnya.

Berikut adalah penyebab komedo putih yang paling sering terjadi.

komedo_2.JPG (570×322)

Makanan yang tidak sehat

Penyebab paling sering timbulnya komedo ini adalah berasal dari makanan yang kita konsumsi. Besar kemungkinan hal ini karena makanan yang kita konsumsi tidak sehat dan mengandung faktor pencetus timbulnya komedo. Makanan makanan yang berpotensi mencetuskan timbulnya komedo antara lain adalah makanan cepat saji, makanan olahan laut (sea food), makanan berlemak, produk susu dan olahannya, serta makanan yang manis. Daftar makanan tersebut bukanlah pantangan atau larangan, tetapi agar komedo tidak mudah muncul, ada baiknya tidak dikonsumsi terlalu sering.

Produksi minyak yang berlebih

Secara natural, tubuh memang akan menghasilkan minyak untuk menjaga keseimbangan kadar air dalam tubuh. Namun, jika ada faktor hormonal atau sering mengonsumsi makanan berlemak, kulit wajah akan cenderung lebih berminyak. Kondisi yang demikian menyebabkan komedo akan lebih mudah muncul pada kulit wajah. Jadi, agar kondisi ini bisa dikendalikan, cobalah untuk mengurangi makanan yang berlemak dan gorengan. Selain itu, bisa dibantu dengan mengonsumsi banyak minum air putih, menggunakan tisu khusus penyerap minyak di wajah, dan menggunakan sabun pencuci muka untuk kulit berminyak.

kulit+berminyak.jpg (934×467)

Memencet jerawat

Jerawat yang memerah dan bengkak sering sekali membuat kita gemas dan gatal untuk ingin memencet. Harapannya tentu saja agar jerawat tersebut hilang. Namun alih alih jerawat tersebut menjadi hilang, jerawat bisa jadi justru semakin meradang dan akan meninggalkan bekas nantinya. Tidak hanya itu, memencet jerawat juga bisa menimbulkan komedo. Ini bisa terjadi karena saat kita memencet jerawat, maka folikel rambut akan pecah dan bisa menyebabkan timbulnya komedo.

Cuaca panas

Iklim Indonesia yang tropis, membuat cuaca panas sehingga menimbulkan banyak debu dan polusi. Debu dan polusi inilah yang bisa menempel pada kulit wajah, apalagi jika sering beraktivitas di luar rumah. Debu dan polusi inilah yang menyebabkan timbulnya komedo karena turut menyebabkan tersumbatnya pori pori kulit.

Makeup

Benar bahwa makeup membuat wajah menjadi cantik dan menarik. Namun, jika kita menggunakan makeup yang salah atau tidak cocok dengan kulit wajah, maka bisa jadi akan timbul berbagai permasalahan wajah seperti komedo dan jerawat. Atau bisa juga, setelah menggunakan makeup, kita tidak membersihkan wajah secara bersih, sehingga meninggalkan residu makeup yang menyebabkan penyumbatan pada pori pori wajah. Hal ini yang menyebabkan mudahnya timbul komedo putih pada kulit wajah.

Pola hidup tidak sehat

Terakhir, jika berbagai cara dan upaya untuk menghilangkan komedo sudah dilakukan, namun tidak juga membuahkan hasil, maka kamu harus introspeksi diri sebelum menyalahkan produk maupun cara pembersihan komedo. Bisa jadi hal ini terjadi karena pola hidup yang tidak sehat. Pola hidup yang tidak sehat ini antara lain merokok atau terkena paparan rokok, jam tidur yang tidak teratur (termasuk kurang waktu istirahat), serta kurang memperhatikan kebersihan kamar tidurmu.

Spread the word. Share this post!