Perawatan Wajah Berminyak Mudah dengan Tips Berikut Ini

Wajah merupakan salah satu bagian investasi penting yang dimiliki, apalagi untuk para wanita. Dengan wajah bersih dan bersinar tentu Anda akan lebih mudah mengaplikasikan make up dan bahkan mampu percaya diri tampil cantik bahkan hanya dengan make up tipis sekalipun. Namun sayangnya, masalah pada kulit wajah begitu beragam sehingga perlu perawatan wajah maksimal. Salah satu jenis kulit pada wajah yang banyak dijumpai adalah kulit berminyak.

Kulit berminyak terutama pada bagian T-zone merupakan jenis kulit yang paling banyak dimiliki. Ciri-cirinya adalah dengan pori wajah yang besar, wajah terlihat seperti pabrik minyak dan seringnya muncul jerawat serta komedo. Hal ini lantaran produksi minyak berlebih di wajah menjadikan kotoran pada kulit bertumpuk sehingga menjadikan pori tersumbat yang akhirnya memunculkan komedo dan jerawat. Bagi Anda pemilik wajah berminyak, maka perawatan wajah yang tepat adalah sebagai berikut:

  • Memilih sabun tepat untuk wajah

Kini sudah tersedia banyak sekali jenis sabun wajah yang ada di pasaran. Setiap jenis sabun wajah itu sendiri memiliki formulasinya masing-masing misalnya sabun kulit berminyak adalah dengan formulasi ringan namun tak membuat kulit menjadi terasa tertarik. Hal ini lantaran kulit wajah yang terasa kering akan menjadikan produksi minyak kian banyak sehingga menjadikan kulit akan makin berminyak. Bagi Anda yang berjerawat, sabun wajah dengan salicylic acid bisa jadi solusi.

  • Pakai masker wajah

Masker lumpur yang kini sedang populer di pasaran adalah salah satu jenis masker yang amat baik untuk pemilik wajah berminyak. Kandungan lumpur yang ada di dalamnya mampu membersihkan kulit bagian dalam serta mampu menyeimbangkan kadar minyak di wajah. Selain itu Anda pun bisa mencoba masker bahan alami mulai dari tomat, jeruk nipis hingga mentimun yang mampu membantu mengurangi kadar minyak di wajah.

  • Pilih segala jenis produk kulit berminyak

Meminimalkan penggunaan make up adalah langkah baik untuk para pemilik kulit berminyak. Meski kulit Anda mengeluarkan minyak berlebih, namun penggunaan pelembab tetap diwajibkan. Pelembab dengan tekstur yang ringan dengan bahan dasar tanpa minyak bisa dipilih. Selain itu, sebisa mungkin menghindarkan diri dari penggunaan foundation lantaran bisa menyumbat pori. Bedak tabur akan lebih baik dibanding bedak padat. Segala jenis produk untuk kulit wajah Anda juga harus diperuntukkan untuk kulit berminyak.

Itulah beberapa tips mudah perawatan wajah kulit berminyak. Segala jenis perawatan untuk wajah Anda tidak akan ada artinya jika Anda tidak menjaga makan dan minuman Anda. Untuk itu selalu pilih makanan sehat di aktivitas keseharian sehingga bisa meminimalisir kulit wajah mengeluarkan produksi minyak berlebih. Sebisa mungkin hindari terlalu banyak makan makanan berminyak.

 

Spread the word. Share this post!