Tahu Tipe Kulit Wajah Anda? Coba Cek Tipe Tipe Kulit Wajah dan Ketahui Perawatannya!

Tidak cocok dengan sabun muka untuk kulit kering karena kulit Anda ternyata kulit kombinasi? Ini berarti Anda harus mengganti sabun muka Anda dan segera mengecek tipe kulit Anda. Jangan salah menggunakan produk perawatan kulit untuk wajah Anda karena bisa berakibat fatal bagi kesehatan kulit. Dengan mengetahui tipe tipe kulit wajah, Anda dapat mengetahui di mana posisi kulit Anda dan menentukan langkah yang tepat untuk merawat kulit Anda. Ada lima jenis tipe wajah yakni kulit kering, kulit berminyak, kulit sensitif, kulit kombinasi, dan kulit normal. Penasaran dengan kelima tipe wajah ini? Simak ulasannya berikut ini :

1. Tipe kulit wajah normal (normal skin) Tipe kulit wajah normal ini bisa dibilang tipe kulit yang sehat dan ideal. Hal ini karena kelenjar sebasea dalam kulit tidak berlebihan dan tersebar secara merata. Untuk mengetahui tipe kulit normal, kita bisa mellihat beberapa ciri-ciri kulit normal yaitu: ukuran pori-pori yang kecil dan hampir tidak terlihat, permukaan dan elastisitas kulit lembut, kelembaban cukup, kulit kencang, tidak kusam, warna kulit sehat dan cerah, dan jarang timbul masalah kulit terutama jerawat. Tipe kulit normal sangat beruntung karena cocok memakai berbagai jenis kosmetik. Namun sayangnya hanya sedikit orang yang memiliki tipe kulit normal ini.

2. Tipe kulit wajah kering (dry skin) Tipe kulit kering ditandai dengan pori-pori kecil dan tidak terlihat, kurang lembab dan cenderung terlihat dehidrasi, tekstur kulit kasar dan tipis, cenderung sensitif, mudah terkelupas, sangat mudah muncul retakan atau kelupas pada kulit, dan mudah munculnya flek hitam dan keriput. Selain itu, tipe kulit kering ini mudah mengalami penuaan. Oleh karena itu, jika memiliki kulit kering, Anda harus rajin menggunakan krim pelembab. Namun Anda juga perlu memperbaiki pola hidup Anda seperti memakan makanan yang banyak mengandung vitamin A dan B, serta sayur dan buah. Kemudian, Anda juga harus menghindari beberapa aktivitas seperti berada di bawah sinar matahari terlalu lama dan berendam air hangat terlalu lama. Untuk merawat kulit kering, disarankan Anda tidak mandi terlalu lama, menggunakan sabun yang ringan, dan selalu menggunakan pelembab. Nah, jika Anda memiliki kulit kering, Anda bisa mencoba beberapa sabun muka khusus untuk kulit kering di antaranya Dove Beauty Moisture Face Wash, Hada Labo Gokujyun Facial Wash, Wardah Essential Facial Wash, The Body Shop Vitamin E Gentle Face Wash, dan Kiehl’s Ultra Facial Cleanser. Punya wajah kering dan ingin mencoba produk Wardah untuk kulit kering? Anda bisa mengeceknya di sini https://review.bukalapak.com/beauty/5-rekomendasi-facial-wash-untuk-kulit-kering-6186

3. Tipe kulit wajah berminyak (oily skin) Kulit berminyak mungkin tipe kulit yang paling mudah dikenali di antara tipe tipe kulit wajah lainnya karena kulit wajah akan terlihat berminyak, berpori-pori besar, dan sangat lembab. Wajah berminyak memiliki tantangan tersendiri yaitu seringnya timbul jerawat dan komedo. Selain itu, jika tidak dirawat dengan baik, wajah akan terlihat mengkilat karena minyak berlebih di wajah. Jika Anda memiliki wajah berminyak, Anda disarankan rajin mencuci muka setidaknya 3 kali dalam sehari serta menggunakan pembersih muka yang lembut. Akan lebih baik jika Anda menggunakan produk yang berlabel “non comedogenic” karena biasanya produk ini cenderung tidak akan menyumbat pori-pori sehingga menimbulkan komedo.

4. Tipe kulit wajah kombinasi (combination skin) Jika kulit wajah Anda berminyak dan berpori-pori di area T (daerah dahi, hidung, dagu), sementara daerah pipi dan rahang berpori kecil dan cenderung kering atau normal, berarti Anda memiliki tipe kulit kombinasi. Karena memiliki tipe kulit kombinasi, berarti karakteristik kulit berminyak dan kering keduanya ada di wajah. Biasanya pada area kulit berminyak akan terasa lembab serta mudah berjerawat dan berkomedo. Sedangkan pada area kulit kering akan tampak kering, kusam, dan kasar. Oleh karena itu, setiap area kulit wajah memiliki penanganan tersendiri. Area kulit berminyak harus dirawat dengan perawatan kulit berminyak, sementara area kulit kering dirawat dengan perawatan kulit kering. Namun jangan khawatir akan menjadi repot, saat ini sudah banyak produk yang diformulasikan untuk kulit kombinasi sehingga Anda bisa memilih produk yang khusus untuk kulit kombinasi tersebut.

5. Tipe kulit wajah sensitif (sensitive skin) Berhati-hatilah jika kulit Anda masuk ke dalam kategori tipe kulit sensitif. Hal ini karena kulit sensitif umumnya sangat reaktif dan akan menunjukkan reaksi hipersensitif bila menggunakan produk perawatan tertentu. Oleh karena itu, kulit sensitif harus menggunakan bahan yang tidak menimbulkan reaksi alergi di wajah. Jika wajah sensitif dan alergi terhadap suatu bahan tertentu, manifestasinya bisa berupa kemerahan, mengelupas, atau timbul jerawat. Reaksi ini akan berbeda-beda pada setiap orang. Kemudian, tipe kulit sensitif biasanya sangat kering sehingga mudah memerah, gatal, mengelupas, dan bahkan iritasi yang membuat wajah menjadi tidak nyaman. Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya selalu menggunakan tabir surya saat berkegiatan dan menghindari sinar matahari langsung. Dan yang terpenting juga jangan lupa untuk rajin membersihkan wajah secara menyeluruh, menggunakan produk perawatan yang tidak mengandung bahan yang memancing alergi, dan selalu menggunakan pelembab untuk menjaga kelembaban kulit.

Spread the word. Share this post!