3 Cara Mudah Agar Terbiasa Melakukan Gaya Hidup Sehat

Setiap orang pasti mendambakan sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Tidak sedikit pula yang melakukan berbagai cara agar selalu dalam kondisi fit termasuk dengan menerapkan pola hidup sehat. Penerapan gaya hidup yang terbilang tepat tersebut dapat dicapai dengan beberapa cara berikut ini:

Memulai Dari Hal Kecil

Agar gaya hidup sehat tersebut tidak membebani Anda, maka sudah selayaknya menjadikannya sebuah kebiasaan baik. Kebiasaan baik tersebut bisa dimulai dengan hal-hal kecil seperti mengurangi kebiasaan untuk tidur larut malam ataupun mengurangi porsi rokok dalam sehari. Misalnya saja biasanya Anda menghabiskan tujuh batang rokok dalam sehari lalu menguranginya menjadi lima batang rokok. Hal ini dilakukan dalam kurun waktu yang terus-menerus dengan jumlah pengurangan yang konsisten. Diharapkan dengan cara ini Anda dapat menghindari rokok secara optimal.

Resolusi cara hidup sehat yang terlalu muluk-muluk dikhawatirkan hanya akan membebani diri sendiri sehingga hanya menjadi angan semata. Lebih baik memulai dari hal kecil secara konsisten dan terus menerus sehingga memberikan dampak yang nyata. Daripada memulai dari hal yang besar namun nantinya hanya berhenti di tengah jalan dan tidak memberi hasil yang maksimal.

Fokus Pada Dampak yang Terjadi

Hal yang sering diabaikan saat menyebarkan pesan kesehatan adalah dampak yang diberikan. Pesan kesehatan tersebut hanya menyampaikan informasi inti tanpa memberikan dampak baik apabila melakukan kegiatan yang disarankan. Padahal penyampaian dampak baik sangat efektif untuk mengubah pola hidup seseorang. Dampak baik atau buruk yang disampaikan akan mudah tertanam ke alam bawah sadar setiap orang sehingga membuat hatinya tergerak.

Contoh hal sederhana tersebut dibuktikan dalam sebuah penelitian yang menyatakan bahwa mengubah pesan “Kebersihan Tangan Mencegah Pasien Dari Penyakit” menjadi “Kebersihan Tangan Mencegah Anda Sakit” memberikan efek yang cukup signifikan dalam kenaikan praktik mencuci tangan hingga mencapai 10% selain itu penggunaan sabun pun mengalami peningkatan hingga mencapai 45%.

Jangan Terlalu Terburu-Buru

Mengubah gaya hidup tidak sehat menjadi gaya hidup yang sehat bukanlah perkara mudah seperti halnya membalikkan telapak tangan. Dengan demikian janganlah terlalu terburu-buru untuk mengubah sebuah gaya hidup. Berdasarkan sebuah penelitian mengubah gaya hidup atau lifestyle memakan waktu kurang lebih dua hingga tiga bulan. Bukanlah waktu yang singkat bukan? Itu berarti Anda harus senantiasa bersabar dalam menerapkan gaya hidup sehat tersebut.

Baca Juga : PENTINGNYA MAKANAN SEHAT BAGI TUBUH KITA

Jangan sampai tergoda dengan hal-hal yang sifatnya menjerumuskan karena hal tersebut hanya akan membuat Anda menyesal nantinya. Mantapkanlah niat untuk berubah menuju ke arah yang lebih baik. Sehat merupakan sebuah nikmat yang tidak ternilai harganya. Dengan demikian jagalah nikmat tersebut dengan sebagaimana mestinya. Kalau perlu tinggalkan kebiasaan buruk Anda saat ini juga demi masa depan yang lebih baik.

Spread the word. Share this post!