4 Alasan Mengapa Jogging di Pantai Lebih Sehat Daripada di Taman

Lari atau jogging adalah salah satu jenis olahraga yang murah sekaligus mudah dilakukan namun memberikan banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Bahkan menurut pakar kesehatan menyebut bahwa olahraga lari bisa memuat tubuh lebih bugar dan membantu menurunkan berat badan jika dilakukan secara rutin.

4 Alasan Mengapa Jogging di Pantai Lebih Sehat Daripada di Taman

Namun, aktivitas lari di taman atau di bidang datar sudah biasa dilakukan dan dianggap membosankan bagi beberapa orang. Jika seperti itu, Anda bisa mencoba melakukan jogging di pantai. Selain mendapatkan suasana berbeda, berlari di pantai juga lebih menyehatkan dibanding di taman. Mengapa demikian? Berikut penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Jadi Ajang latihan yang Lebih Intens

Selain volli, Anda juga bisa melakukan olahraga jogging di pantai. Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan selain keindahan pemandangannya adalah kebugaran dan tubuh yang lebih sehat. Berbeda jika Anda lari di atas permukaan tanah yang datar dank eras, berlari di atas pasir membuat Anda harus mengeluarkan tenaga 1.6 kali lebih besar. Hal ini akan membuat tubuh Anda lebih banyak membakar kalori sehingga olahraga yang Anda lakukan bisa semakin intensif dan tentu saja dengan hasil yang lebih maksimal. Sederhananya, bergerak di atas pasir pastinya jauh lebih sulit dibanding dengan bergerak di atas permukaan yang datar, jadi energi yang Anda keluarkan juga tentunya semakin banyak.

Lebih Ringan Untuk Persendian

Perlu Anda ketahui jika tubuh manusia terdiri dari beberapa sendir yang sebagiannya ada di bagian kaki, tepatnya di area lutut. Oleh karena itu, ketika Anda berlari, beban yang ada di persendian lutut jadi semakin berat, tak terkecuali di pergelangan kaki. Tekanan berat seperti inilah yang bisa menimbulkan masalah kesehatan, seperti nyeri dan bengkak pada area kaki. Hal inilah yang disebabkan oleh permukaan jalan yang dilewati, karena semakin keras bidang yang Anda lalui maka semakin berat pula tekanannya. Berbeda saat Anda jogging di atas pasir yang permukaanya lebih lunak sehingga membuat beban pada sendiri jadi lebih ringan. Selain itu, berlari di atas pasir pantai juga membuat otot-otot kaki lebih stabil.

Meningkatkan Kemampuan Atletik

Kelebihan lain yang bisa Anda dapatkan ketika jogging di pantai adalah kekuatan dan kebugaran tubuh yang lebih besar. Bahkan seorang dokter asal Amerika Serikat bernama Dr. R. Amadeus Mason, menyarankan untuk selalu melakukan aktivitas lari di pantai karena bisa meningkatkan kemampuan atletik Anda. Saat terbenam ke dalam pasir, tentu saja Anda membutuhkan tenaga yang lebih besar untuk menariknya. Aktivitas inilah yang bermanfaat bagi kesehatan jantung, karena jantung akan merespon dengan memompa lebih cepat sehingga pasokan darah menjadi lebih lancar.

Berlari Sambil Berekreasi

Anda cukup beruntung jika tempa tinggal Anda tidak berada jauh dari pantai. Pasalnya, Anda bisa melakukan olahraga yang mungkin bagi sebagian orang terkesan membosankan sambil berekreasi. Di sore hari, Anda bisa melakukan aktivitas jogging sambil menikmati pemandangan matahari tenggelam. Tentu saja ini menjadi pengalaman menyenangkan yang tidak semua orang bisa memilikinya.

 

Spread the word. Share this post!