4 Cara Memulai Gaya Hidup Sehat yang Mudah Diterapkan

Menurut organisasi kesehatan dunia atau WHO, pola makan yang tidak teratur dan aktivitas fisik yang kurang adalah penyebab utama dari risiko kesehatan global. Pesatnya urbanisasi, meningkatnya produksi makanan cepat saji serta gaya hidup tidak sehat, membuat banyak orang mudah terserang berbagai jenis gangguan kesehatan seperti diabetes, kanker hingga penyakit jantung.

4 Cara Memulai Gaya Hidup Sehat yang Mudah Diterapkan

Oleh sebab itu, sangat penting memulai hidup sehat dari sekarang agar bisa menjauhkan diri dari ancaman gangguan kesehatan tersebut. Di bawah ini ada beberapa cara memulai gaya hidup lebih sehat yang mudah diterapkan dalam rutinitas harian Anda.

Lakukan pemeriksaan kesehatan tubuh dan buatlah janji perawatan jika diperlukan

Langkah pertama untuk memulai hidup sehat adalah pemeriksaan kesehatan yang mungkin saja jarang atau bahkan belum pernah Anda lakukan. Setelah memeriksa kondisi kesehatan Anda, jangan lupa memeriksa daftar vaksinasi yang perlu didapatkan, karena beberapa jenis vaksinasi dibutuhkan beberapa kali pemberian lewat jadwal khusus. Apabila menemukan kelainan atau membutuhkan vaksinasi yang tidak biasa dari hasil pemeriksaan kesehatan rutin Anda, segera buat janji dengan dokter. Dengan mengetahui kondisi tubuh, Anda dengan mudah bisa menentukan langkah apa yang harus diambil dalam perubahan gaya hidup.

Membenahi pola makan dan menghentikan kebiasaan buruk.

Mulai sekarang, cobalah untuk membuat catatan harian yang berisi daftar makanan apa saja yang Anda konsumsi dalam satu hari. Semuanya tanpa terkecuali, termasuk gorengan yang Anda makan ketika menunggu antrian. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apa saja yang perlu diubah dalam pola makan Anda yang lama. Sulit beralih ke hidup sehat, jika Anda tidak tahu apa saja kebiasaan buruk yang perlu diganti atau kebiasaan baik yang perlu dipertahankan. Diskusikanlah dengan ahli gizi dan lakukan penilaian mengenai jenis dan pola makan lain yang sesuai dengan kondisi tubuh Anda.

Perbanyak aktivitas fisik dan kelola stres.

Pola hidup sehat tidak pernah terlepas dari anjuran melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. Umumnya, orang dewasa disarankan untuk menyisihkan waktu 2 jam per minggu untuk melakukan aktivitas aerobic, seperti berjalan atau berlari. Tidak perlu dengan intensitas berat seperti olahraga, cukup lakukan aktivitas tersebut dalam intensitas sedang saja. Buatlah catatan semacam agenda aktivitas fisik dan target mingguan yang fleksibel dan menyenangkan. Selain itu, Anda juga bisa melakukan aktivitas ringan seperti yoga dan meditasi untuk mengatasi stress. Aktivitas ini baik dilakukan ketika stres menyerang karena bisa mengembalikan fokus dan melatih pernapasan secara efektif.

Dapatkan kualitas tidur yang baik

Kualitas tidur juga mempengaruhi gaya hidup sehat seseorang. Pastikan Anda meng-nonaktifkan gadget atau televisi dia jam sebelum jadwal tidur Anda agar bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik. Untuk membuat tubuh rileks saat terlelap, Anda bisa mandi air hangat atau minum secangkir teh sehingga Anda bisa lekas tidur. Jangan anggap gangguan tidur adalah hal sepele dan segera temui dokter jika gangguan tidur Anda sudah parah untuk mendapatkan penanganan yang sesuai.

Spread the word. Share this post!