4 Manfaat Latihan Olahraga Muay Thai bagi Wanita

Tidak hanya pria, kini olahraga Muay thai atau yang juga biasa disebut dengan thai boxing juga diganderungi wanita. meskipun adanya unsur bela diri membuat olahraga ini cenderung terkesan “macho”, namun banyak wanita yang tertarik melakukannya karena muay thai terbukti efektif untuk menurunkan berat badan.

4 Manfaat Latihan Olahraga Muay Thai bagi Wanita

Olahraga muay thai telah ada sejak 1000 tahun yang lalu sebagai seni bela diri yang berasal dari Thailand. Sebelum teknik-teknik seni bela diri ini aman dilakukan sebagai olahraga untuk menjaga kebugaran seperti sekarang, muay thai lebih dulu identik dengan kekerasan. Bahkan perkembangan tekniknya kini mulai mengusung teknik body shaping yang bisa dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan.

Olahraga muay thai merupakan gabungan dari teknik bela diri dan latihan otot. Teknik-teknik bela diri yang digunakan berupa tendangan, pukulan, serangan lutut, dan siku sehingga tanpa sadar semua bagian tubuh Anda akan bergerak pada saat berlatih. Selain membakar lemak, Gerakan-gerakan dasar seperti menendang, menyerang dengan sikut dan memutar tubuh juga bisa membantu mengencangkan tubuh.

Tidak menutup kemungkinan jika rutin melakukan muay thai akan membuahkan hasil tubuh yang lebih ramping dan kencang. Anda disarankan untuk berlatih minimal dua kali dalam seminggu untuk memperoleh bentuk tubuh yang ideal. Selain menurunkan berat badan, juga terdapat manfaat berlatih olahraga muay thai lainnya bagi wanita sebagaiman dalam uraian berikut:

Merampingkan Pinggul

Bagian pinggul juga akan terlatih saat Anda melakukan gerakan menendang serta menyerang dengan lutut. Efeknya, pinggul akan menjadi lebih fleksibel dan juga ramping.

Menghilangkan Stres

Siapa sangka ternyata berlatih muay thai juga dapat menghilangkan stres. Setelah lelah beraktivitas seharian, Anda bisa meluapkan emosi dan beban pikiran pada saat berlatih muay thai melalui gerakan memukul dan menendang.

Dapat Digunakan untuk Melindungi Diri

Sebagai wanita Anda juga bisa menggunakan teknik bela diri yang diajarkan dalam Muay Thai untuk melindungi diri. Bahkan berlatih muay thai dapat meningkatkan Refleks dan kewaspadaan diri Anda.

Memperkuat Otot Tubuh

Selain membakar kalori dan mengurangi berat badan, berlatih muay thai juga akan memperkuat otot-otot di seluruh batang tubuh Anda, termasuk otot perut. Gerakan menyikut, menendang dan menonjok dapat meningkatkan kekuatan otot-otot serta mengencangkan hampir seluruh bagian tubuh.

Meningkatkan Stamina

Mungkin Anda akan merasa kelelahan ketika awal-awal berlatih muay thai. Sebab, jenis olahraga ini memang sangat menguras tenaga dan menekankan pada kekuatan tubuh. Namun, seiring dengan rutinnya Anda berlatih Muay Thai, maka stamina tubuh justru akan meningkat sehingga Anda pun akan jadi lebih kuat.

Bagaimana? apakah Anda tertarik mencoba olahraga muay thai? Namun, agar tidak cedera Anda tetap perlu berhati-hati saat berlatih muay thai. Agar lebih aman gunakan pelindung seperti helm dan sarung tinju sebelum berlatih dan lakukanlah pemanasan.

Spread the word. Share this post!