4 Obat Herbal Untuk Mengatasi Sakit Pinggang

Obat herbal seringkali dimaknai sebagai obat yang berasal dari tanaman atau tumbuhan alami atau bahan – bahan yang tersedia di alam. Pengertian ini tidak sepenuhnya benar tapi juga tidak sepenuhnya salah. Karena sebenarnya obat – obat modern juga pada umumnya menggunakan bahan yang tersedia di alam. Tapi anggap saja atau kita sepakati saja itu benar, karena memang bukan itu fokus bahasan kita saat ini. Saat ini kita akan mengajak anda untuk mengetahui  4 obat herbal untuk mengatasi sakit pinggang.

4 Obat Herbal Untuk Mengatasi Sakit Pinggang

Penggunaan obat herbal memang hanyalah opsi yang bisa anda pilih atau tidak. Tapi setidaknya ini menjadi informasi yang bermanfaat untuk anda. Dan anda bisa menggunakannya kapanpun anda mau tentunya. Nah, buat anda yang ingin mengetahuinya, terus simak ulasannya di bawah ini :

  • Jahe

Jahe sebenarnya lebih dikenal sebagai bagian dari bumbu masakan. Tapi siapa yang menyangka ternyata jahe juga mempunyai manfaat sebagai obat herbal. Selain dianggap mampu meningkatkan nafsu makan dan meredakan mual, jahe juga ternyata bisa digunakan untuk mengatasi sakit pinggang. Kenapa bisa begitu? Itu karena jahe mengandung fitokimia yang merupakan senyawa yang bisa membantu mengurangi peradangan otot dan sendi.

  • Kunyit

Obat herbal yang satu ini lebih dulu dikenal sebagai bahan untuk jamu dan rempah untuk memasak. Bagaimana dengan sakit pinggang? Ternyata kunyit juga bisa digunakan untuk mengatasi sakit pinggang. Hal ini terjadi karena kunyit memiliki kandungan kurkumin yang bersifat anti inflamasi. Jadi karena kandungan inilah, jika anda sakit pinggang, coba gunakan kunyit sebagai obatnya.

  • Daun kumis kucing

Obat herbal yang namanya mengambil nama hewan ini lebih dulu mampu mengatasi penyakit yang berhubungan dengan kantung kemih dan dengan ginjal. Tapi karena mempunyai kandungan senyawa yang baik untuk tubuh manusia maka daun kumis kucing dianggap bisa mengatasi sakit pinggang. Caranya sangat mudah rebuslah beberapa daun kumis kucing dalam 150 ml air putih dengan api kecil sampai mendidih. Kemudian saring. Nah, air hasil saringan tersebut diminum.

  • Jahe merah

Satu lagi obat herbal dari varian jahe yaitu jahe merah dipercaya dapat mengatasi sakit pinggang. Kandungan zingeron, gingerol dan shogaol dengan kadar tinggilah yang bersifat anti inflamasi dan mengurangi rasa nyeri.  Caranya rebuslah beberapa gram jahe merah dengan air putih 600 cc. Kemudian saring dan minum selagi hangat. Atau bisa juga anda mencampurkan temu lawak, akar sawi langit dan daun dewa sebagai variasi yang bisa memaksimalkan kemampuan dari obat herbal tersebut.

Nah, sekarang anda sudah tahu cara mengatasi sakit pinggang. Jadi kalau suatu saat mengalaminya jangan ragu salah satunya ya.

Spread the word. Share this post!