5 Aturan Penting Dalam Perawatan Wajah

Jika Anda memiliki jenis kulit kombinasi, tentunya membutuhkan perawatan wajah yang lebih intens dan tidak sembarang. Kulit kombinasi merupakan gabungan dari jenis kulit kering dan juga kulit berminyak. Anda tidak boleh salah dalam memilih produk atau cara merawat kulit Anda tersebut. Adapun beberapa aturan penting yang perlu Anda ketahui dalam merawat kulit kombinasi, antara lain.

5 Aturan Penting Dalam Perawatan Wajah

  1. Bedakan Perawatan Sesuai Jenis Kulit

Aturan pertama yang perlu Anda perhatikan dalam merawat kulit kombinasi adalah dengan membedakan perawatan sesuai jenis kulitnya. Sebagai contoh, Anda memiliki jenis kulit kering pada bagian pipi dan berminyak pada daerah dahi, hidung, dan juga dagu. Hal ini membutuhkan perawatan wajah yang berbeda dan tak bisa diatasi sekaligus. Anda bisa menggunakan krim jerawat untuk area wajah yang berjerawat dan pelembab yang tidak mengandung minyak untuk area wajah yang kering. Disarankan untuk menggunakan jenis pelembab sesuai dengan jenis kulit Anda.

  1. Pilih Pembersih Wajah yang tepat

Jika Anda memiliki masalah kulit berjerawat, upayakan untuk menghindari produk pembersih wajah yang berbahan dasar minyak. Hal ini bertujuan supaya jerawat lebih cepat hilang. Jenis kulit kombinasi juga tidak disarankan untuk menggunakan pembersih wajah tersebut. Penggunaan produk perawatan wajah berbahan dasar minyak hanya akan mengiritasi kulit wajah yang kering dan membuat daerah T-Zone (dahi, hidung, dagu) semakin berminyak.

  1. Gunakan Air Hangat

Disarankan bagi Anda untuk menggunakan air hangat ketika hendak mencuci muka. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan suhu hangat pada air mampu meluruhkan kandungan minyak berlebih pada wajah. Selain itu, air hangat juga mampu membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori wajah Anda. Anda bisa menepuk-nepuk wajah dengan perlahan usai mencuci muka. Hindari menggosok-gosok wajah setelah mencuci muka.

  1. Pakai Toner

Tahukah Anda, jika kulit kering dan kulit berminyak memiliki keseimbangan pH yang berbeda. Oleh sebab itu, disarankan bagi Anda untuk menggunakan toner setelah mencuci muka. Toner sendiri sangat bermanfaat untuk menjaga kelembapan dan kesehatan kulit kombinasi. Namun, hindari toner yang mengandung alkohol jika tidak ingin menambah produksi minyak berlebih pada wajah. Penggunaan toner sendiri cukup mudah, Anda hanya perlu menuangkannya pada kapas dan menggosokkan kapas tersebut pada wajah hingga warna kapas berubah akibat kotoran pada wajah.

  1. Eksfoliasi Minimal Dua Kali Seminggu

Anda juga bisa melakukan eksfoliasi pada wajah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Hal ini membuat kulit Anda semakin halus dan membersihkan kotoran pada pori-pori wajah. Tidak disarankan menggunakan scrub kasar berbahan dasar kimia. Hal tersebut dapat mengiritasi kulit sekaligus membuat daerah T-Zone semakin berminyak. Gunakanlah bahan eksfoliasi yang mengandung asam hidroksi  yang sangat cocok untuk kulit kombinasi minimal dua kali seminggu.

Spread the word. Share this post!