5 Jenis Olahraga Pembakar Kalori Terbaik

Pada umumnya  orang berolahraga itu untuk kesehatan dan kesenangan (hobi). Tapi bagi sebagian lainnya ada yang mempunyai tujuan yang mungkin lebih spesifik. Menurunkan berat badan, misalnya. Sebenarnya pada umumnya semua olahraga bisa menurunkan berat badan jika rutin dilakukan. Tapi memang ada beberapa jenis olahraga yang efektif menurunkan berat badan. Berikut adalah 5 jenis olahraga pembakar Kalori terbaik.

  • Squash

Hampir sama dengan tenis. Tapi tidak berhadapan secara langsung dengan lawan seperti halnya tenis. Ini dilakukan di dalam ruangan tertutup dengan dengan 2 pemain sama– sama menghadap tembok yang sama. Tembok tersebut berfungsi untuk memantulkan. Tiap pemain bergantian memukul,sampai ada yang tidak bisa memukul atau out. Aktifitas yang mengharuskan pemain bergerak cepat dan dinamis inilah yang membuat olahraga ini membakar lemak atau kalori yang tinggi. Tidak kurang dari 840 kalori untuk bermain squash selama 1 jam saja. Bayangkan jika ini dilakukan secara rutin.

  • Bersepeda

Nah kalo yang ini, anda pasti sudah sangat mengenalinya. Ini termasuk olahraga yang umum dilakukan. Bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja tentunya. Bila dilakukan secara rutin dan benar, maka akan membakar  kalori yang cukup tinggi. Bila dengan kecepatan 25 -30 km per jam, anda bisa membakar tidak kurang dari 840 kalori dalam 1 jam bersepeda. Cukup tinggi bukan.

  • Berenang

Olahraga yang satu ini memang sangat dinamis, dimana seluruh bagian tubuh dituntut bergerak. Mungkin inilah yang membuat  olahraga ini membakar kalori dengan jumlah yang tinggi. Tidak kurang dari 700 kalori dibakar setiap 1 jam berenang. Jadi selain membikin segar,rileks, menyehatkan juga melangsingkan jika dilakukan secara rutin.

Baca Juga: CARA PEMANASAN YANG TEPAT SEBELUM MELAKUKAN OLAHRAGA

  • Skipping/Lompat Tali

Anda pasti tau skipping/lompat tali. Dulu anak –anak sering bermain lompat tali dengan karet gelang yang disambung – sambung menjadi sebuah tali. Nah tanpa disadari anak– anak tersebut sedang skipping. Ternyata aktifitas yang menyenangkan tersebut mampu membakar kalori yang tinggi.  Mungkin karena mau tidak mau kita harus melompat secara terus menerus untuk menghindari jeratan tali. Kalori yang dibakar untuk setiap 1 jam skipping adalah 560 kalori.

  • Lari

Olahraga paling murah ini mempunyai intensitas yang tinggi. Tubuh diharuskan bergerak dinamis secara terus menerus. Ini jugalah yang memungkinkan aktifitas ini membakar kalori dengan jumlah yang tinggi.  Bila mampu berlari dengan kecepatan  11 km per jam secara kontinyu maka kalori yang akan dibakar sekitar 700 kalori. Tapi bila anda berlari dengan kecepatan yang sedang – sedang saja, maka tidak kurang dari 490 kalori terbakar  untuk setiap jam nya.

Menarik bukan. Sekarang tergantung anda mau memilih yang mana.

Spread the word. Share this post!