5 Produk Makanan Instan yang Berbahaya Menurut WHO

Gaya hidup yang semakin modern memang mengharuskan seseorang untuk bergerak secara lebih cepat agar produktivitas meningkat. Hal ini membuat waktu istirahat juga jadi semakin berkurang, apalagi untuk beberapa golongan orang-orang yang sibuk. Sehingga terkadang untuk memenuhi kebutuhan nutrisi juga memilih makanan instan, menu makanan yang siap dikonsumsi. Tak bisa dipungkiri bahwa produsen sendiri juga semakin giat di dalam menciptakan berbagai macam produk makanan siap saji ini, guna memenuhi kebutuhan konsumen.

Namun sadar atau tidak ternyata tak semua jenis makanan yang siap konsumsi ini masuk dalam kategori yang sehat. Banyak diantara yang mengandung bahan-bahan kimia berbahaya seperti diantaranya adalah zat pengawet, pewarna dan masih banyak lagi. Dikonsumsi sekali dua kali tentunya bukan masalah, namun jika terlalu sering pastinya akan sangat memberatkan kinerja tubuh di dalam mencernanya, sehingga timbul berbagai macam penyakit berbahaya.

Hanya saja juga tak perlu khawatir karena masih ada diantaranya yang masuk kategori makanan instan sehat dikonsumsi, namun konsumen juga harus lebih selektif dalam memilih, ketahui juga jenis makanan siap konsumsi yang sebenarnya tak sehat menurut WHO, diantaranya adalah:

  1. Makanan kalengan, berbagai macam produk makanan tahan lama sekarang ini dikemas dalam mode pengalengan. Konsumen juga bisa lebih mudah dalam menikmatinya, tinggal beli lalu dipanaskan. Kemudian sudah siap santap, namun ternyata WHO sendiri menghimbau agar masyarakat tak terlalu banyak mengkonsumsi makanan kalengan, karena ternyata kandungan zat pengawetnya sangat tinggi, sehingga bisa memicu berbagai masalah kesehatan.
  2. Daging olahan, termasuk diantaranya adalah sosis, kemudian juga ada nugget hingga kornet merupakan olahan daging yang banyak dijumpai di pasaran, makanan ini tak sepenuhnya mengandung daging , melainkan bahan-bahan lain yang diberikan dengan penambah aroma dan juga perasa menyerupai daging. Sangat berbahaya jika dikonsumsi secara terus menerus.
  3. Produk olahan keju, seperti diantaranya adalah cake atau makanan ringan hingga minuman kaleng yang diberi rasa keju, patut untuk diingat bahwa keju ini adalah makanan hasil dari fermentasi susu, sehingga ada kandungan bakteri di dalamnya, ketika dijadikan sebagai campuran makanan, maka sudah tak sehat lagi, meskipun memberikan rasa yang nikmat.
  4. Mie instan, tak bisa dipungkiri bahwa Anda pastinya pernah atau bahkan sering mengkonsumsi makanan ini, apalagi dalam kondisi berhemat. Akan aman ketika dikonsumsi dalam jumlah wajar, namun ketika sudah ketergantungan, akibat jangka panjangnya sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh.
  5. Manisan kering, kandungan gula yang tinggi bisa memicu tekanan darah tinggi, sehingga sangat berbahaya dikonsumsi berlebihan, apalagi bagi yang memiliki masalah dengan diabetes dan penyakit jantung.

Waspadai makanan instan tersebut karena WHO sudah menghimbaunya.

 

Spread the word. Share this post!