5 Resep Diet Sehat untuk Kontrol Gula Darah Tetap Stabil

Memasuki usia 30an banyak mungkin diantara Anda yang sudah mulai merasakan perubahan dalam tubuh, salah satunya adalah dari segi kesehatan, jika dulu bukan masalah ketika mengkonsumsi banyak makanan berlemak, maka sekarang ini tubuh lebih cepat merespon dengan meningkatkan berat badan. Begitu juga rasa sakit di beberapa bagian tubuh. Banyak jenis penyakit yang memang rentan dialami oleh manusia ketika sudah berada di usia ini, salah satu diantaranya adalah diabetes, untuk itulah pastikan selalu menjalankan diet sehat.

Salah satu faktor besar yang mempengaruhi penyakit tersebut adalah berat badan, semakin tinggi berat badan Anda maka resiko terkena diabetes juga akan semakin besar pula. Hanya saja juga tak menutup kemungkinan bagi mereka yang kurus untuk terserang penyakit gula tersebut. Jadi mulailah dari sekarang untuk menjaga berat badan. Sehingga bisa selalu sehat hingga tua nanti, selain membudayakan diet sehat, salah satu program diet yang harus Anda lakukan adalah diet gula dan garam, yaitu dengan membatasi asupan makanan yang terlalu manis dan juga asin.

Berikut ini setidaknya beberapa tips bagi Anda yang ingin menjalankan program diet tersebut, diantaranya adalah

  1. Segera makan ketika Anda merasa lapar, rasa lapar yang ditahan akibatnya sangat buruk, karena nanti Anda makan dalam jumlah yang besar, bahkan tak terkontrol, hal ini justru menumpuk kelebihan kalori dalam tubuh, apalagi masyarakat Indonesia memiliki kebiasaan wajib makan dengan nasi yang kandungan glukosanya sangat tinggi.
  2. Mandi menggunakan air hangat, dibandingkan dengan air dingin, ternyata air hangat ini memiliki fungsi lain, yaitu sebagai salah satu sarana untuk mengontrol nafsu makan. Sehingga Anda tak akan cepat merasa lapar.
  3. Jalan kaki, makanan manis memang menjadi salah satu pembangkit mood paling bagus, hanya saja ketika sedikit saja Anda mengkonsumsinya, maka kadar gula darah akan langsung melambung salah satu cara mudah untuk mengontrol keinginan tersebut adalah dengan jalan kaki. Dengan olahraga tersebut akan menghasilkan hormon endoprint yang menciptakan perasaan gembira atau bahagia.
  4. Stress sebaiknya jangan dilarikan ke makan makanan yang manis, inilah salah satu kebiasaan ketika sudah stress, terlalu banyak pekerjaan misalnya, sebaiknya Anda jangan langsung membeli banyak makanan, melainkan bisa menggantinya dengan olahraga atau melakukan hobby.
  5. Ganti camilan dengan sayur atau buah, namun juga jangan asal dalam memilih buah-buahan dan juga sayur, ketahui mana yang kandungan gulanya rendah dan tinggi.

Untuk mengetahui lebih dalam lagi tentang resep diet yang benar dan sehat, silahkan baca di sini bumburesep.org

Sangat mudah bukan, diet sehat untuk gula darah tersebut sangat membantu bagi Anda yang memiliki resiko tinggi terjangkit penyakit diabetes melitus, salah satu penyakit yang menjadi momok paling mematikan di dunia, karena belum ada obatnya.

 

Spread the word. Share this post!