5 Tips Diet yang Aman Bagi Penderita Maag

Setiap orang tentu ingin bisa mendapatkan berat badan yang ideal, bahkan ramping. Hanya saja tak semua orang beruntung dapat memperoleh keinginannya tersebut. Salah satu cara untuk menurunkan berat badan adalah dengan diet. Namun seringkali, diet menjadi kendala terutama bagi para penderita maag, terlebih jika maag-nya sudah kronis. Meski demikian, bukan berarti penderita maag tidak boleh diet. Justru diet akan membantu memperlancar metabolisme dalam tubuhnya. Agar diet Anda tetap aman, ikuti 5 tips diet di bawah ini untuk para penderita maag:

  • Makan sering dalam porsi kecil.

Sama seperti diet pada umumnya, lebih baik jika makan sedikit tapi sering daripada jarang makan tetapi sekali makan langsung banyak. Sehingga cocok bagi para penderita maag, dimana makan dalam porsi kecil tetapi sering akan membuat perutnya tetap terisi, perut pun jadi lebih mudah mencerna makanan. Akan tetapi tetap perhatikan jenis makanan yang dipilih, tetap berpedoman pada menu-menu diet yang ada, misalkan dengan makanan rendah karbohidrat, gula dan lemak tetapi kaya akan protein dan vitamin.

  • Memilih camilan yang tepat.

Tak semua orang memiliki waktu untuk makan dalam porsi yang kecil, terutama bagi Anda yang sibuk, siasati dengan pemilihan camilan atau snack yang tepat pada jam-jam krusial, yakni di antara makan pagi dan makan siang dan di antara makan siang dan makan malam. Anda bisa memilih camilan dengan karbohidrat kompleks yang tinggi seperti snack bar dari sereal atau roti gandum, sandwich tuna atau buah-buahan bisa jadi pilihan yang tepat. Hindari camilan yang banyak mengandung gula dan susu.

  • Hindari makan makanan yang sulit dicerna.

Tips diet selanjutnya, hindari maka makanan yang sulit dicerna, yang biasanya mengandung lemak jenuh. Makanan-makanan ini dapat mempercepat kenaikan berat badan. Seperti misalnya coklat atau keju, karena keduanya mengandung susu yang memiliki kandungan lemak jenuh.

  • Hindari makan-makanan pemicu asam lambung.

Beberapa jenis sayuran seperti selada dan kol memang nampak seperti makanan sehat, hanya saja jika memakannya terlalu berlebihan maka akan memicu timbulnya asam lambung. Perut akan terasa begah atau kembung, selain itu makanan yang mengandung alkohol seperti durian atau tape juga bisa meningkatkan asam lambung.

  • Minum air putih dan olahraga teratur.

Sama seperti tips diet pada umumnya, minum air putih serta olahraga yang teratur memang wajib ada dalam setiap diet. Begitu juga dengan diet yang dijalani para penderita maag, Anda harus rutin minum air putih minimal 8 gelas sehari. Air putih sangat bagus untuk membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh, sedangkan olahraga membantu membakar kalori dan mengencangkan otot-otot, sehingga tak hanya penurunan berat badan saja yang Anda peroleh melainkan tubuh yang bugar dan kencang.

Spread the word. Share this post!