6 Jenis Makanan Sehat Untuk Tulang Yang Berkhasiat Mencegah Pengkeroposan Tulang

Tulang merupakan salah satu komponen yang penting pada tubuh manusia. Tanpa tulang tubuh tidak akan bisa berdiri tegak dan tidak bisa melakukan aktivitas seperti biasanya. Rangka berfungsi melindungi organ tubuh vital yang terdapat di dalam tubuh, seperti: jantung, ginjal, otak, hati dsb. Untuk menjamin kesehatan tulang, maka harus banyak mengkonsumsi makanan sehat yang dianjurkan.

Makanan yang dibutuhkan tulang dapat menjadi salah satu penangkal gangguan kesehatan tulang yang umumnya disebabkan karena kekurangan nutrisi, contohnya: tulang keropos atau osteoporosis. Berikut ini adalah jenis-jenis makanan sehat yang bermanfaat untuk membantu kesehatan tulang agar lebih kuat dan tidak mudah keropos.

  • Susu dan Produk Hasil Dari Susu

Ada banyak manfaat jika minum susu secara teratur, salah satunya adalah minuman yang terbaik untuk tulang. Itu sebabnya bayi dan anak-anak harus minum susu karena membantu proses pertumbuhan menjadi lebih optimal.

Susu mengandung mineral protein, kalsium dan vitamin D. Satu gelas susu mengandung kurang lebih sekitar 300 mg kalsium. Selain susu, produk-produk olahan susu lainnya juga membantu menjaga tulang tetap sehat, seperti: keju, yoghurt dsb.

  • Sayur-Sayuran Berwarna Hijau

Sayuran yang berwarna hijau memiliki kandungan kalsium dan magnesium yang sangat besar. Selain itu kandungan vitamin K juga diperlukan dalam proses pembentukan tulang baru. Contoh sayuran hijau diantaranya adalah: bayam, brokoli, buncis, kangkung dsb.

  • Ikan Sarden, Salmon dan Ikan Tuna

Ikan sarden, salmon dan tuna adalah jenis ikan yang mengandung kalsium dan vitamin D yang sangat besar. Sehingga dengan mengkonsumsi ketiga jenis ikan tersebut dapat menambah nutrisi yang diperlukan oleh tulang.

  • Kedelai dan Produk Olahan Kedelai

Kedelai mengandung kalsium dan isoflavon yang membantu menjaga tulang tetap padat. Selain kedelai dalam bentuk utuh, makanan lain hasil dari kedelai juga bermanfaat untuk kesehatan tulang, contohnya: tahu dan tempe.

  • Buah-Buahan

Sudah tidak diragukan lagi khasiat dari buah-buahan untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Sebagian besar buah-buahan tepat dikonsumsi untuk kesehatan tulang, karena mengandung kalium, kalsium, magnesium dan fosfor yang kadarnya berbeda-beda. Anda bisa memilih jenis buah-buahan yang kadar nutrisinya sesuai dengan kebutuhan tubuh.

  • Telur

Salah satu manfaat telur adalah dapat membuat tulang lebih kuat. Apalagi bagian kuning telurnya yang kaya vitamin D. Telur merupakan sumber protein yang penting selain ikan dan daging.

Selain dari bahan makanan sehat yang disebutkan tersebut, ada cara yang bisa Anda lakukan sambil tetap mengkonsumsi makanan yang sehat, yaitu: jemur badan di bawah sinar matahari. Jam yang bagus untuk jemur badan adalah pada waktu pagi hari, saat udara masih bersih dan tidak terkena asap polusi, yaitu sekitar jam 6 s/d jam 10 pagi.

Spread the word. Share this post!