7 Makanan Sehat yang Baik Untuk Kesehatan Jantung

Jantung yang sehat tentu saja menjadi dambaan semua orang tanpa kecuali. Banyak yang menyarankan untuk rutin berolahraga agar jantung tetap terjaga kesehatannya. Tapi ada juga cara lain untuk menjaga kesehatan jantung, yaitu melalui makanan. Pertanyaannya kemudian, makanan yang seperti apa? Tentu saja makanan sehat. Pertanyaan selanjutnya adalah apa sajakah? Berikut  7 makanan sehat yang baik untuk kesehatan jantung anda.

  • Popcorn

Anda pasti tidak menyangka makanan yang lebih pas disebut cemilan itu, ternyata baik buat kesehatan jantung. Menurut ahli gizi Samantha Cassetty, porcorn kaya akan polifenol, antioksidan tanaman yang bagus untuk jantung. Jadi tidak salah bila anda sering mengkonsumsi makanan sehat ini.

  • Ikan Salmon

Zat omega 3 yang sangat menonjol.  Dari per 3 gram daging ikan salmon mengandung lemak sekitar 7 sampai dengan 11 gram dan 700 hingga 1800 miligram zat omega 3. Kandungan inilah yang bagus untuk kesehatan jantung.

  • Beras Merah

Seandainya  kebiasaan atau makanan  pokok orang Indonesia adalah nasi merah, maka jantung orang Indonesia akan terjaga dengan baik. Beras merah memang mempunyai kandungan gizi yang lebih baik daripada beras putih. Beras merah mempunyai anti oksidan yang membuat kerja jantung lebih stabil. Selain itu anti oksidannya mampu mengurangi kadar kolesterol buruk dalam darah yang akan menghambat peredaran darah ke jantung.

  • Paprika Merah

Sayuran ini ternyata termasuk makanan sehat karena mengandung banyak  zat atau vitamin yang baik untuk tubuh. Vitamin A dan C yang mengandung anti oksidan yang dibutuhkan oleh jantung sebagai penangkal radikal bebas. Kandungan  vitamin B6 dan folat berfungsi untuk mengurangi resiko penyakit jantung. Paprika merah juga mengandung nutrisi yaitu likopen, nutrisi yang dibutuhkan oleh jantung.

Cari tau juga beberapa makanan sehat yang mesti kamu ketahui. Lihat selengkapnya di bumburesep.org

  • Pepaya

Selama ini buah ini dikenal berfungsi sebagai pelancar pencernaan. Tapi ternyata papaya mengadung khasiat yang luar biasa. Unsur kalium pada papaya berguna untuk menjaga irama jantung tetap normal. Pepaya juga mampu mengoptimalkan kinerja jantung.

  • Alpukat

Anda yang sering mengkonsumsi  rujak alpukat atau minum jus alpukat, anda termasuk beruntung. Alpukat ternyata bagus untuk kesehatan jantung. Alpukat  mampu menyerap karotenoid, terutama beta karoten dan lycopene. Keduanya mampu menurunkan kadar LDL dalam dalam darah yang membuat jantung terjaga dengan baik. Kedua zat itu juga mampu meningkatkan kolesterol yang baik untuk jantung.

  • Coklat

Makanan sehat yang banyak penggemarnya ini ternyata bagus untuk kesehatan jantung. Prosianidin dan epikatein yang terkandung dalam coklat mampu menurunkan kadar LDL, melancarkan aliran darah dari arteri ke jantung dan meminimalisasi resiko terjadinya pembekuan darah dijantung.

Nah, mulailah mengkonsumsi makanan diatas untuk kesehatan jantung anda.

Spread the word. Share this post!