Alat Pembersih yang Memicu Rasisme

Ada yang menarik dari peluncuran produk spons cuci piring terbaru dari sebuah perusahaan alat pembersih di Inggris. Apa yang menarik dari peluncuran produk baru tersebut? Ternyata yang membuat peluncuran produk baru ini menjadi menarik adalah karena spons yang mereka ciptakan untuk mencuci piring tersebut berbentuk seorang campuran Amerika-Afrika atau yang lebih dikenal dengan sebutan orang Afro. Miniatur seorang Afro yang berfungsi sebagai spons pencuci piring ini dianggap melecehkan ras tertentu.

Pelecehan pada Ras Tertentu
Perusahaan alat kebersihan di Inggris menciptakan sebuah spons cuci piring berbentuk seorang laki-laki dan perempuan Afro beserta dengan rambut kribonya. Lebih parah lagi, rambut kribo inilah yang berfungsi sebagai spons, sedangkan tubuh dari miniatur orang Afro menjadi tempat meletakkan tangan (handle). Entah apa yang menjadi dasar perusahaan tersebut untuk menciptakan spons berbentuk orang Afro. Apakah mereka ingin membuat sebuah produk baru yang lain daripada yang lain atau hendak membuat sensani, atau tujuan tertentu lainnya memang belum jelas sampai saat ini.

Penolakan dari Aktivis
Penolakan datang dari berbagai pihak terutama aktivis anti rasisme di Inggris. Para aktivis ini beranggapan bahwa perusahaan tersebut telah mencederai perasaan ras tertentu. Lebih parahnya lagi miniatur ini digunakan sebagai alat pembersih. Produk ini juga dianggap akan memicu perselisihan dan perbedaan perlakuan terhadap ras tertentu. Para Aktivis berharap perusahaan mampu bersikap bijak bila ingin meluncurkan produk tertentu.

Spread the word. Share this post!

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *