Anda Harus Tahu, 6 Hal ini Dapat Menyebabkan Penuaan Kulit Terjadi Lebih Cepat

Setiap kaum hawa, selalu mendambakan kulit yang putih, bersih, mulus dan terbebas dari kerutan atau keriput. Terutama bagi para wanita yang sudah berusia lanjut. Berbagai cara yang dilakukan para wanita agar kulit mereka tetap seperti remaja meski usia sudah lanjut usia, dan kocek yang dikeluarkan tidaklah sedikit. Seperti membeli produk kecantikan anti penuaan kulit, melakukan serangkaian perawatan di klinik kecantikan bahkan yang lebih ekstrim, melakukan operasi plastik.

Anda Harus Tahu, 6 Hal ini Dapat Menyebabkan Penuaan Kulit Terjadi Lebih Cepat

Namun, tahukah Anda? Faktor penuaan kulit, bukan hanya faktor usia. Ada berbagai faktor lain yang membuat wajah Anda mengalami penuaan lebih cepat dari waktunya seperti beberapa contoh dibawah ini.

 

  • Ekspresi Wajah

 

Salah satu penyebab penuaan kulit terjadi lebih cepat adalah ekspresi wajah. Kenapa hal ini bisa terjadi? Ini dikarenakan otot wajah bergerak dan bisa menimbulkan guratan-guratan halus dibawah permukaan kulit. Lekukan ini bisa menjadi permanen karena seiring bertambahnya usia kulit akan kehilangan elastisitasnya.

 

  • Merokok

 

Bagi Anda yang merupakan perokok aktif tapi mendambakan kulit kencang, sebaiknya berhenti merokok dari sekarang. Berbagai kandungan kimia dalam rokok dapat menyebabkan penuaan kulit karena terjadi perubahan biokimia dalam tubuh.

 

  • Posisi Tidur

 

Tahukah Anda, jika posisi tidur mempengaruhi kulit? Bila Anda sering tertidur dalam posisi yang sama, akan menyebabkan guratan-guratan di wajah. Seperti, akan muncul guratan-guratan halus di area sekitar dagu dan pipi bila Anda tidur dalam posisi menyamping dalam kurun waktu yang lama. Untuk mengakalinya, Anda bisa atur posisi tidur Anda menjadi telentang karena dengan tidur pada posisi ini kulit wajah Anda akan tertarik ke bawah.

 

  • Polusi Udara

 

Polusi udara juga ternyata dapat mengakibatkan penuaan terjadi pada kulit. Hal ini dikarenakan, sel-sel kulit perlahan rusak akibat partikel polusi yang masuk kedalam tubuh dan menimbulkan garis halus dan kerutan serta kulit menjadi kusam.

 

  • Seringnya Terpapar Sinar Matahari

 

Serangkaian aktivitas, memaksa sebagian orang untuk berada diluar ruangan atau bekerja dibawah teriknya sinar matahari. Hal ini bisa menyebabkan terjadinya kerusakan pada kulit karena terkena paparan sinar ultraviolet yang ada pada sinar matahari. Kerusakan ini terjadi pada bagian kulit elastin dan bila rusak kulit akan menjadi tidak kencang.

 

  • Asupan Makan

 

Asupan makan yang masuk dalam tubuh juga mempengaruhi faktor penuaan kulit. Kulit membutuhkan asupan nutrisi yang cukup. Bila Anda ingin awet muda pastikan untuk rajin mengkonsumsi buah dan sayuran yang kaya akan antioksidan, vitamin dan mineral. Kandungan antioksidan dalam sayur dan buah dapat menjadi penangkal radikal bebas yang mengancam kulit dan bisa menyebabkan terjadinya kerusakan pada sel yang ada pada kulit.

Hindari mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung gula karena dapat menyebabkan penuaan terjadi lebih cepat.

Spread the word. Share this post!