Awal Mula Berkembangnya Sayuran Sehat Ke Belahan Dunia

Awalnya, sayuran dikumpulkan dari alam oleh pemburu-pengumpul membudidayakan sayuran sehat dibeberapa bagian dunia, mungkin selama periode 10.000 SM sampai 7000 SM, ketika cara pertanian baru hidup dikembangkan. Pada awalnya, tanaman yang tumbuh secara lokal akan telah dibudidayakan, namun seiring berjalannya waktu, perdagangan membawa tanaman eksotis dari tempat lain untuk menambah jenis domestik.

Saat ini, sebagian besar sayuran sehat  ditanam di seluruh dunia sebagai izin iklim, dan tanaman dapat dibudidayakan di lingkungan yang dilindungi di lokasi kurang cocok. China adalah produsen terbesar sayuran dan perdagangan global dalam produk pertanian memungkinkan konsumen untuk membeli sayuran tumbuh di negara-negara yang jauh. Skala produksi bervariasi dari petani subsisten memasok kebutuhan keluarga mereka untuk makanan, dengan agribisnis dengan acreages macam tanaman tunggal produk. Tergantung pada jenis sayuran yang bersangkutan, memanen tanaman diikuti oleh kadar, penyimpanan, pengolahan, dan pemasaran.

Sayuran sehat dapat dimakan mentah atau dimasak dan memainkan peran penting dalam gizi manusia, yang sebagian besar rendah lemak dan karbohidrat, tetapi mengandung vitamin, mineral dan serat. Banyak ahli gizi mendorong orang untuk mengkonsumsi banyak buah dan sayuran, lima atau lebih porsi sehari seringkali dianjurkan.

Kata sayuran pertama kali tercatat dalam bahasa Inggris pada awal abad ke-15. Itu berasal dari Old Frenchdan pada awalnya diterapkan untuk semua tanaman; kata tersebut masih digunakan dalam pengertian ini dalam konteks biologis, berasal dari Abad Pertengahan Latin vegetabilis “tumbuh, berkembang” (yaitu dari tanaman), perubahan semantik dari bahasa Latin yang berarti terlambat “untuk menghidupkan, mempercepat”.

Yang dimaksud dengan “sayur” sebagai “tanaman tumbuh untuk makanan” . Pada tahun 1767, kata ini khusus digunakan untuk berarti “tanaman dibudidayakan untuk makanan, herbal yang dapat dimakan atau diolah”. Tahun 1955 penggunaan lebih dipersingkat dalam stilah slang “sayuran”. Sebagai kata sifat, kata sayur digunakan dalam konteks ilmiah dan teknis dengan arti yang berbeda dan lebih luas, yaitu dari “terkait dengan tanaman” secara umum, dapat dimakan atau tidak – seperti dalam materi sayuran, tumbuh-tumbuhan, berasal dari sayuran, dll.

Definisi yang tepat dari “sayur” mungkin berbeda hanya karena banyak bagian tanaman yang dikonsumsi sebagai makanan di seluruh dunia – akar, umbi, umbi, umbi, batang, daun batang, sarung daun, daun, tunas, bunga, buah, dan biji-bijian.] Definisi yang lebih tepat adalah “setiap bagian tanaman yang dikonsumsi untuk makanan yang tidak buah atau biji, tapi termasuk buah matang yang dimakan sebagai bagian dari makanan utama”. Dalam bahasa sehari-hari, kata-kata “buah” dan “sayur” saling berhubungan. “Buah” memiliki arti botani yang tepat, menjadi bagian yang berkembang dari ovarium dari tanaman berbunga.

Spread the word. Share this post!