Bahaya Makanan Instan Jika Dikonsumsi Setiap Hari

Dengan semakin tingginya aktifitas manusia di jaman sekarang ini, semakin banyak juga makanan instan yang tercipta demi memberikan waktu penyajian yang cukup singkat. Makanan cepat saji tersebut umumnya telah menyediakan berbagai bumbu yang dibutuhkan untuk memberikan rasa yang enak sehingga calon konsumennya hanya tinggal menambahkan saja di proses memasaknya. Yang menjadi masalah adalah masa berlaku makanan tersebut yang umumnya hanya satu atau dua hari menjadi berbulan-bulan karena melalui berbagai proses pengawetan. Hal itulah yang membuat produk makanan cepat saji dinilai kurang menyehatkan.

Produk makanan cepat saji memang memiliki cara pengolahan yang cukup singkat karena semua komponennya sudah disediakan tanpa perlu meramunya terlebih dahulu. Atau bahkan jika Anda membeli sebuah sosis, maka ada produk yang bisa langsung dimakan dengan masa kadaluarsa yang sangat lama. Proses pengawetan yang digunakanpun perlu dipertanyakan karena umumnya makanan akan basi jika tidak dikonsumsi dalam jangka waktu satu atau dua hari. Pengawet untuk makanan pun memang diperbolehkan dengan kadar tertentu yang saat ini banyak digunakan untuk proses pengawetan makanan-makanan tersebut.

Yang menjadi masalah adalah ketika makanan cepat saji yang mengandung pengawet tersebut dikonsumsi setiap hari. Kadar pengawet yang diperbolehkan untuk satu produk menjadi bertumpuk di dalam tubuh manusia pemakan nya dengan jumlah akumulasi yang cukup banyak untuk bisa membahayakan tubuh. Salah satu contoh makanan instan yang mengandung pengawet dan berpotensi dimakan setiap hari adalah

Baca Juga: 15 Tips Kesehatan

  • Mie instan.
  • Makanan ringan.
  • Minuman ringan.
  • Permen.
  • Dsb.

Beberapa jenis makanan tersebut sebaiknya tidak dikonsumsi secara rutin setiap harinya apalagi untuk anak-anak karena bisa mengakibatkan gangguan kesehatan seperti:

  • Menyebabkan sakit maag dan gangguan jantung karena kandungan Natrium yang cukup tinggi.
  • Mie yang berlemak berpotensi menaikkan berat tubuh seseorang apalagi jika tidak diimbangi dengan konsumsi sayur yang kaya serat.
  • Mie mengandung karbohidrat cepat larut sehingga cepat mengakibatkan rasa lapar kembali.
  • Penumpukan pengawet bisa mengakibatkan gangguan kesehatan lainnya.

Jika makanan instan atau makanan cepat saji dikonsumsi dalam batas yang normal atau wajar maka hal tersebut tidak menjadi sebuah ancaman gangguan kesehatan. Namun, sama seperti konsumsi makanan lain secara berlebihan, akan mengakibatkan tingginya kadar bahan yang terkandung dalam makanan tersebut di dalam tubuh. apalagi jika Anda hanya mengkonsumsi makanan itu-itu saja selama beberapa hari tanpa ada varian makanan yang lain yang bisa menyeimbangkan serapan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Pelajari kandungan produk makanan agar Anda mengerti apa yang akan masuk ke dalam tubuh dan seimbangkan lah dengan makanan yang lain jika makanan tersebut masih memiliki kekurangan dalam hal zat gizi atau kelebihan dalam zat asing seperti pengawet dan pewarna agar kesehatan Anda tidak terganggu.

Spread the word. Share this post!