Berikut Sayuran Sehat Tinggi Nutrisi Yang Bagus Untuk Manusia

Sayuran sehat memang bagus untuk dikonsumsi oleh manusia. Manusia dengan segala macam aktifitasnya butuh segala asupan makanan yang bagus, sehat dan bervitamin. Karena kita tahu semua sayuran adalah makanan sumber serat alami, vitamin, antioksidan, mineral dan rendah kandungan kalori, lemak jenuh. Yang layak dikonsumsi untuk manusia.  Sayuran-sayuran apa saja yang memiliki nutrisi yang tinggi manusia, berikut penjelasannya di bawah sebagai berikut.

  • Kentang

Kentang adalah sayuran sehat dan sumber kaya akan pati, dan juga mengandung banyak vitamin, mineral dan serat. Ia menyediakan 70 kalori per 100g, namun sangat sedikit lemak (hanya 0,1 g per100 g) dan kolesterol. Serat dalam kentang terdiri dari serat larut dan tidak larut, yang secara alami akan membantu mengatasi sembelit dan menjaga kesehatan pencernaan. Umbi sayuran ini juga sumber tertinggi vitamin B-kompleks seperti piridoksin (vitamin B6), thiamin, niacin, asam pantotenat, dan folat. Kentang segar dengan kulitnya merupakan sumber vitamin antioksidan seperti vitamin C, vitamin A dan antioksidan flavonoid yaitu quercetin, karoten dan zeaxanthins yang terbukti bersifat antikanker dan melindungi kardiovaskuler. Hal ini juga mengandung cukup banyak mineral penting seperti zat besi, mangan, magnesium, fosfor, tembaga, dan kalium .

Baca Juga: Makanan Sehat Untuk Diet Mayo

  • Brussel Sprout

Sayuran sehat ini sama seperti kubis, hanya saja ukurannya yang terbilang lebih kecil. Meskipun kecil, jenis sayuran ini sepertinya paling pantas menduduki urutan kedua sayuran paling bergizi didunia setelah brokoli. Selain bergizi tinggi, kubis brussel ini hanya menyediakan 45 kalori, namun mengandung 3,38 g protein, 3,80 g serat dan nol kolesterol. Dan sangat direkomendasikan bagi yang diet sehat untuk menurunkan berat badan. terlepas dari itu semua, kubis brussel adalah gudangnya beberapa flavonoid anti – oksidan, seperti tiosianat, indoles, lutein, zea xanthin, sulforaphane dan isothiocyanate. Semuanya menawarkan perlindungan terhadap kanker prostat, usus besar, dan kanker endometrium. Sama seperti brokoli juga, ia kaya akan vitamin A, Beberapa B kompleks, vitamin K, dan semua mineral penting bagi kesehatan.

  • Mentimun

Sayuran ini sangat tinggi kadar air dan rendah kalori(15 kalori per 100 g). Tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol. Kulit mentimun adalah sumber tinggi serat, yang membantu mengurangi sembelit, dan perlindungan terhadap kanker usus besar dengan cara menghilangkan senyawa beracun dari usus. Mentimun adalah sumber kalium yang sangat baik dari kalium. Kalium adalah elektrolit yang membantu menurunkan tingkat tekanan darah tinggi, yaitu karena sifatnya yang melawan efek dari sodium. Buah sayur segar ini adalah sumber anti – oksidan seperti betakaroten dan alfakaroten, vitamin C, vitamin A, zea – xanthin dan lutein. Tentu kita sudah tak asing dengan manfaat antioksidan, yaitu terutama untuk mencegah kerusakan sel akibat efek dari radikal bebas. Secara mengejutkan, ketimun mengandung tinggi vitamin K(sekitar 17 mg per 100 g). Vitamin K memiliki peran potensial untuk kekuatan tulang dengan cara mempromosikan aktifitas osteotrophic (pebangun massa tulang). Jugab bermanfaat untuk pengobatan pasien penyakit Alzheimer dengan cara membatasi kerusakan saraf di otak.

Spread the word. Share this post!