Cara Diet Sehat Untuk Ibu Hamil

Saat menjalani kehamilan, sering kali para ibu hamil mengalami kenaikan berat badan yang sangat drastis. Idealnya, ibu hamil mengalami kenaikan berat badan antara 12-15 kg. Ibu hamil harus menjaga asupan makanan yang dikonsumsinya. Karena saat hamil makanan yang dikonsumsi bukan hanya diperlukan oleh ibu, tetapi bayi dalam kandungan juga memerlukan nutrisi yang baik. Sangat wajar apabila nutrisi yang dibutuhkan lebih banyak dibandingkan ketika sebelum hamil. Cara diet sehat untuk ibu hamil merupakan salah satu cara yang tepat untuk menjaga berat badan tetap stabil. Diet sehat bisa dilakukan dengan menjaga pola makan yang seimbang. Asupan nutrisi serta gizi harus cukup untuk kebutuhan janin serta ibu hamil.

Baca Juga : MAKANAN DIET PENGGANTI NASI

Berikut beberapa cara diet sehat yang harus diperhatikan ibu hamil :

  1. Sarapan merupakan hal yang tidak boleh diabaikan ketika diet saat hamil. Karena apabila melewatkan sarapan maka pola makan anda pada saat makan siang tidak akan teratur. Mengatur pola makan serta asupan makanan bisa juga dilakukan dengan membuat daftar susunan diet makan serta daftar gizi yang seimbang untuk diet anda, hal ini tentunya bertujuan supaya konsumsi makanan atau asupan kalori harian bisa terjaga dan teratur.
  2. Makanan berserat serta kurangin makanan yang manis serta berlemak. Pilihan makanan ini merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk melakukan diet yang sehat ketika masa kehamilan. Makanan berserat akan membantu melancarkan pencernaan dan mengurangi penumpukan lemak di dalam tubuh. Untuk mengurangi lemak yang masuk ke dalam tubuh, ibu hamil dianjurkan mengurangi makanan yang di goring, ada baiknya mulai mengkonsumsi makanan yang dikukus atau di panggang.
  3. Air putih. Minum air putih minimal 8 gelas perhari sangat baik untuk program diet yang sedang anda jalani, hal ini akan mengontrol rasa ingin makan yang berlebih. Selain itu, menjadikan buah-buahan sebagai pengganti cemilan sangat bagus sekali untuk program diet yang baik dan sehat yang sedang anda jalani.
  4. Dalam arti yang sebenarnya diet itu mengatur atau memanajemen pola makan bukan mengurangi porsi makan. Konsep diet yang bisa diterapkan untuk ibu hamil itu adalah melakukan pembatasan terhadap asupan kalori yang kurang akan nutrisi supaya tidak berlebihan dan harus mencukupi semua unsur-unsur nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh. Mencukupi kebutuhan protein harian sekitar 50% akan membantu program diet anda dalam mengurangi intensitas ngemil makanan yang banyak lemak atau kalori.
  5. Menjaga tubuh agar tetap bugar dan berat badan tetap ideal selama kehamilan bisa anda lakukan dengan olahraga ringan dan yoga. Aktivitas ini akan membantu diet anda selama masa kehamilan sehingga berat badan anda tidak naik drastis.

Spread the word. Share this post!