Cara Memerbaiki Pola Makan Sehat yang Tepat

Makanan Sehat – Banyak-banyak mengonsumsi makanan sehat memang baik untuk tubuh. Tetapi jika tidak diimbangi dengan kegiatan yang lain, malah akan merugikan diri sendiri. Memang baik untuk mengonsumsi makanan sehat, tetapi tidak semua makanan tersebut baik untuk dikonsumsi oleh tubuh, terlebih lagi jika makanan tersebut menyebabkan alergi pada tubuh.

Bahaya Mengkonsumsi yang Bukan Makanan Sehat

Perlu pertimbangan untuk mengonsumsi makanan sehat agar tidak terlalu berlebihan dan hingga menyebabkan alergi sehingga perlu mengurangi porsi untuk memakannya, karena itu perlunya memperhatikan porsi yang akan dimakan.

Berikut ada beberapa makanan sehat yang justru membuat tubuh kurang sehat, antara lain;

  1. Sushi, makanan ini memang sehat, banyak kandungan gizi yang tertanam pada makanan ini, seperti omega 3 dan sedikit kandungan kalori yang cocok untuk orang yang sedang diet. Namun, karena sushi ini terdiri dari makanan mentah, seperti ikan mentah, mengakibatkan dengan mudahnya masuknya cacing (nematoda) ke dalam pencernaan, yaitu lambung, kerongkongan atau usus. Ikan lainnya adalah ikan salmon yang mengadung merkuri yang merupakan toksin jikan masuk ke dalam tubuh dan dapat meningkatkan resiko penyakit jantung,
  2. Sayuran kaleng, memang sayuran tergolong ke dalam makanan sehat, tetapi jika sayuran kaleng, lebih baik dihindari, karena sayuran kaleng mengandung bahan pengawet karena mengandung zat Bisphenol A yang biasanya digunakan untuk mencegah karat pada kaleng dan membuat makanan tetap awet. Jika dikonsumsi secara terus menerus, dapat menyebabkan resiko penyakit diabetes, impotensi, serangan jantung,
  3. Margarin atau mentega, memang kedua bahan ini merupakan pengganti minyak goreng dan membuat makanan lebih terasa enak dan baunya lebih harus. Tetapi margarin mengandung asam lemak yang dapat meningkatkan resiko serangan jantung, sedangkan untuk mentega, dianggap lebih baik karena mengandung lemak alami dibandingkan dengan margarin.
  4. Yoghurt beku, yoghurt memang baik untuk pencernaan, terlebih lagi yoghurt ini merupakan olahan susu yang difermentasikan menggunakan bakteri. Untuk mengonsumsinya tidak sembarangan. Ada porsi tertentu dalam memakan yoghurt. Mengonsumsi yoghurt sendiri sebaiknya tiga porsi sehari, atau lakukan yang dianjurkan pada kemasan yoghurt untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Tidak baik jika dikonsumsi berlebih, karena yoghurt sendiri juga memiliki banyak kalori yang tidak baik untuk orang yang sedang diet. Lebih baik tidak ditambahkan dengan perasa buah dan gula,
  5. Susu almond memang baik dikonsumsi karena intoleran terhadap laktosa dan banyak mengandung bitamin dan lemak baik untuk kesehatan jantung. Tetapi susu almond berubah menjadi makanan yang tidak baik jika ditambahkan dengan gula dan senyawa kimia lainnya karena pada dasarnya susu almond baik untuk mengatur kadar gula darah.

Sekian ulasan singkat mengenai makanan sehat yang tidak baik dikonsumsi jika berlebihan dan tidak terbiasa dikonsumsi oleh tubuh. Banyak di luar sana makanan yang baik untuk tubuh dan menjaga tubuh menjadi lebih sehat.

Spread the word. Share this post!