Cara Merawat Rambut Alami agar Hitam Berkilau

Memiliki rambut yang hitam dan berkilau tentu merupakan dambaan bagi setiap wanita. Bagaimana tidak, karena rambut adalah ibaratnya mahkota bagi kaum hawa. Namun terkadang, kesibukan aktivitas sehari-hari membuat Anda tak mampu untuk melakukan perawatan secara intensif terhadap rambut, sehingga menyebabkan rambut kita terlihat kusam dan lepek. Namun kini tak perlu khawatir, karena terdapat cara untuk merawat rambut Anda agar terlihat berkilau. Berikut merupakan bahan yang dapat membantu Anda dalam perawatan rambut alami.

Cara Merawat Rambut Alami agar Hitam Berkilau

  • Lidah buaya

Lidah buaya merupakan bahan yang pada umumnya sudah lumrah diketahui oleh banyak orang untuk perawatan rambut alami. Caranya pun terbilang cukup mudah, yaitu dengan menyiapkan daging lidah buaya yang telah dipisahkan dari kulitnya. Peras daging lidah buaya tersebut hingga mengeluarkan lendirnya. Semakin segar batang daun lidah buaya yang digunakan, maka akan semakin baik, karena batang daun yang masih segar akan memberikan lendir yang baik bagi rambut dan juga lebih banyak.

Langkah selanjutnya adalah dengan mengoleskan lendir dari batang daun lidah buaya yang sudah diperas pada seluruh bagian rambut. Berikutnya, bungkus rambut anda selama 1 jam dengan menggunakan handuk atau shower cap agar lendir lidah buaya dapat meresap dengan sempurna. Terakhir, bilas rambut Anda dengan air hangat dan biarkan rambut anda kering dengan sendirinya.

  • Daun seledri

Daun seledri dikenal masyarakat akan khasiatnya yang dapat mengobati berbagai penyakit. Namun kini, daun seledri sudah banyak dimanfaatkan untuk perawatan rambut karena memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan dan keindahan rambut. Cara mengolahnya pun gampang, yaitu dengan menghaluskan daun seledri dengan cara ditumpuk atau dapat juga diblender. Selanjutnya dengan oleskan daun seledri yang sudah dihaluskan ke seluruh bagian rambut secara merata. Namun sebelum dioleskan, cuci rambut Anda dan keringkan, tujuannya agar rambut benar-benar terhindar dari debu dan kotoran. Setelah kurang lebih 1 jam, bilas rambut cukup dengan air bersih.

  • Cuka Apel

Nutrisi yang terkandung dalam cuka apel lebih banyak dibandingkan dengan cuka putih biasa. Nutrisi yang dimaksud semacam kalsium, fosfor, dan natrium adalah nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan, khususnya untuk rambut. Nutrisi yang terkandung dalam cuka apel ini, dapat membantu pertumbuhan rambut, serta membuat rambut lebih halus. Caranya dengan mencuci rambut dengan shampo, kemudian bilaskan cuka apel pada rambut yang dalam keadaan basah. Setelah 15 sampai 20 menit, rambut cukup dibilas dengan air bersih biasa.

Rasanya setelah mengetahui bahan-bahan di atas kita tidak perlu lagi obat-obatan kimia yang dapat menimbulkan efek samping terhadap rambut Anda sendiri. Melakukan perawatan rambut alami tentu menjadi cara yang lebih tepat dan aman. Selamat mencoba.

Spread the word. Share this post!