Cek Kesehatan Tubuh Bagian Payudara Anda Sebelum Terlambat

Bagi wanita, bagian tubuh seperti payudara menjadi aset penting. Tidak jarang mendapati wanita yang melakukan operasi plastik untuk membesarkan atau bahkan mengecilkan bagian tubuh tersebut. Akan tetapi, tanpa disadari, penyakit juga mengancam kesehatan tubuh misalnya kanker payudara yang menjadi salah satu momok bagi para wanita. Pemeriksaan payudara sendiri atau SADARI dengan menggunakan tangan dan penglihatan sendiri, adalah cara terdini yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui apakah payudara Anda dalam kondisi baik atau tidak.

Payudara memiliki perubahan baik sebelum ataupun sesudah menstruasi. Saat menjelang atau menstruasi, payudara cenderung lebih kencang dan padat bahkan tidak jarang yang merasa lebih sakit atau nyeri saat disentuh, sedangkan ketika memasuki masa menopause, payudara akan terasa lebih lembut dan kendur. Akan tetapi, perubahan pada payudara yang terjadi sebaiknya Anda waspadai sehingga Anda bisa berkonsultasi dengan dokter ketika Anda menyadari ada yang tidak beres dengan bagian tubuh tersebut.

Ada 3 cara yang bisa Anda lakukan untuk mengecek kesehatan tubuh di bagian payudara. Pengecekan ini sebaiknya dilakukan setelah Anda selesai menstruasi. Cara pertama adalah dengan berdiri di depan cermin. Langkah selanjutnya adalah:

  • Buka baju hingga bagian atas tubuh telanjang. Perhatikan payudara Anda dan umumnya, wanita tidak mempunyai payudara yang ukurannya sama besar.
  • Berdiri dengan lengan berada di samping tubuh dan perhatikan bentuk, ukuran dan lihat apakah ada perubahan. Misalnya permukaan atau warna kulit dan bentuk puting.
  • Letakkan tangan di pinggan dan tekan kuat untuk mengencangkan otot bagian dada. Perhatikan perubahan payudara dari sisi kanan dan kiri.
  • Bungkuklah di depan kaya sehingga payudara terlunjur dan perhatikan lalu raba, apakah ada perubahan tertentu.
  • Tautkan ke-2 tangan ke belakang kepala lalu tekan ke dalam. Perhatikan perubahan payudara termasuk bagian bawah.
  • Periksa apa ada cairan yang keluar dari putih. Tempatkan jempol dan telunjuk di sekitar puting dan tekan perlahan lalu perhatikan adakah cairan yang keluar.

Kedua adalah saat mandi. Ketika mandi, periksa apakah ada benjolan atau perubahan payudara dengan cara mengangkat 1 tangan ke belakang kepala. Lalu dengan tangan satunya, raba payudara di bagian sisi tangan yang terangkat dan gunakan jari untuk menekan-nekan bagian pada payudara Anda. Lakukan juga untuk bagian satunya.

Ketiga adalah dengan cara berbaring. Cara pengecekan kesehatan tubuh untuk bagian payudara ini dengan cara terlentang di tempat tidur atau di bagian yang datar dan nyaman. Setelah berbaring, tempatkan gulungan handuk/bantalan kecil di bawah pundak. Tekuk 1 tangan di belakang kepala lalu gunakan 1 tangan lainnya yang diberi lotion untuk meraba payudara dan gerakkan jari melingkar searah jarum jam hingga semua bagian payudara, hingga puting, selesai diraba.

 

Spread the word. Share this post!