Ciplukan, Makanan Bergizi ‘Liar’ yang Harganya Fantastis di Luar Negeri

Indonesia memiliki makanan bergizi yang harganya murah jika dijual di dalam negeri namun sangat mahal di luar negeri. Salah satu makanan tersebut adalah ciplukan. Buah liar yang banyak tumbuh di sawah ini, memiliki rasa yang manis. Bagi masyarakat di Indonesia, terutama di pedesaan, buah yang berukuran kecil ini sering dikonsumsi saat di sawah bahkan menjadi salah satu makanan ringan. Namun, ternyata buah yang di Jepang harganya bisa sekitar Rp 500 ribuan bahkan lebih untuk 1 kilo-nya, memiliki banyak manfaat yang bagus untuk kesehatan.

Buah yang bernama ilmiah Physalis angulata L. Ini disebut juga morel berry (Inggris) atau Houzuki dalam bahasa Jepang. Buah liar ini memiliki kandungan fisalin B, D, F, wanthangualin A. Pada bijinya terdapat 12-25% protein, 15-40% minyak lemak yang memiliki andungan utama asam stearat dan asam palmitat. Tumbuhan yang banyak ditemui di sawah ini bahkan bagian akarnya mengandung alkaloid, di daunnya terdapat luteolin atau glikosida flavonoid dan di bagian tunasnya mengandung saponi dan flavonoid.

Berdasarkan pada hasil penelitian yang pernah dilakukan, makanan bergizi ini mengandung antibakteri, antihiperglikemi, antivirus, antiinflamasi, imunostimulan dan imunosupresan, sitotiksik dan antioksidan. Dari hasil penelitian Baedowi yang dilakukan pada tahun 1998 pada mencit menunjukkan setelah diberikan 28,5 mL/kg BB jika daunnya yang memiliki aktivitas antihiperglikemia bisa mempengaruhi sel beta insulin pankreas.

Ada beberapa manfaat dari ciplukan untuk kesehatan. Pertama adalah membantu mengobati penyakit gula atau diabetes melitus. Caranya adalah dengan menggunakan tanaman ciplukan, potong sekitar 3-4 cm dan rebus dengan menggunakan 2-3 gelas air hingga mendidih. Dinginkan, saring dan kemudian minum setiap hari. Kedua adalah membantu untuk mengobati penyakit paru-paru dan memperlancar aliran darah sehingga paru-paru bisa bekerja lebih maksimal. Cara pengobatannya sama seperti pengobatan untuk penyakit gula dan kemudian minum secara teratur.

Manfaat lainnya dari ciplukan, makanan bergizi yang tumbuh liar di Indonesia yang harganya fantastis di luar negeri, yaitu:

  • Mengobati penyakit epilepsi atau ayan. Sebelum mengobati epilepsi dengan ciplukan, konsultasikan dahulu ke dokter untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Caranya dalah dengan mengkonsumsi 10 buah ciplukan setiap harinya.
  • Membantu mengatasi sariawan dengan cara mengkonsumsi 10 buah ciplukan per harinya atau membuat jus ciplukan.
  • Menurunkan darah tinggi. Caranya adalah dengan merebus 5 buah ciplukan dengan 100 ml air. Tunggu 5 menit lalu saring air rebusan dan diamkan sebentar agar berubah jadi hangat sebelum diminum 2x dalam sehari.
  • Menyembuhkan vertigo dengan cara merebus semua bagian tanaman termasuk batang, akar dan daun. Setelah itu saring dan minum 3x sehari selagi ramuan tersebut hangat.
  • Meredakan batuk dengan merebus 5 ciplukan dengan 1 gelas air. Tambahkan sedikit perasan jeruk nipis. Aduk dan minum.

 

Spread the word. Share this post!