Dampak Negatif Konsumsi Alkohol Secara Berlebihan

Alkohol merupakan salah satu jenis minuman keras yang dilarang dikonsumsi secara berlebihan, karena etil yang terkandung dalam alkohol, memberikan efek yang buruk bagi keseimbangan pikiran para penggunanya jika dikonsumsi dalam jangka waktu pendek. Jika konsumsi alkohol secara berlebihan, dilakukan dalam jangka waktu lama maka sudah dapat dipastikan bahwa efek yang tidak baik bagi kesehatan tubuh dapat terjadi pada para penggunanya. Alkohol memiliki sistem kerja dengan melakukan penekanan pada sistem saraf pusat, oleh karena itu sangat wajar jika kita temukan para peminum alkohol akan melakukan peresponan dengan lawan bicara dengan lambat.

Secara umum, seseorang yang menggunakan alkohol, biasanya akan memiliki keseimbangan badan yang kurang sempurna, berbicara cadel, penglihatan kabur, serta hilang kesadaran. Dampak dari menggunakan alkohol inilah, yang menyebabkan banyaknya terjadi kasus kecelakaan yang dialami oleh para pemabuk berat. Hal tersebut lebih dikarenakan lambatnya respon para pengguna alkohol akan segala sesuatu yang terjadi dalam diri mereka, serta hilangnya kesadaran yang mereka miliki.

Selain bahaya kecelakaan yang mengancam para pengguna alkohol, bahaya lain pun dapat mengintai kesehatan Anda, jika konsumsi alkohol tetap Anda lakukan dalam jangka waktu yang panjang. Berikut ini beberapa dampak negatif menggunakan alkohol dalam jangka waktu lama, yang antara lain adalah:

Baca Juga: DAMPAK NEGATIF OBESITAS BAGI KESEHATAN

  • Terjadinya kerusakan saraf pusat, akibat tekanan yang diberikan oleh alkohol. Beberapa kasus bahkan dapat membawa efek kebutaan dan gangguan jiwa.
  • Terjadinya gastritis atau infeksi dinding lambung, karena lambung terus dipaksa untuk memproses zat asing yang berbahaya.
  • Rusaknya hati karena terus dipaksa mengenali zat asing yang masuk dalam tubuh manusia.
  • Kekurangan vitamin b1 yang dapat mengakibatkan amnesia dan gangguan ingatan lainnya.
  • Dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, yang kemudian dapat menyebabkan terjadinya stroke dalam diri para pemabuk.

Selain dampak bagi kesehatan, menggunakan alkohol dalam ukuran yang berlebih, juga dapat membawa dampak negatif pada kehidupan sosial para pemabuk. Selain akan dijauhi oleh orang sekitar, karena merasa takut dengan perilaku pemabuk, para pemabuk juga cenderung tidak perduli dengan keadaan yang terjadi di lingkungan sekitar mereka dan justru cenderung sibuk dengan aktivitas yang tidak menyehatkan bagi diri mereka tersebut.

Melihat bahaya yang ditimbulkan akibat konsumsi alkohol secara berlebihan, sudah sewajarnya jika kita tidak perlu bersentuhan langsung dengan zat yang menyesatkan ini. Jauhilah lingkungan yang memang dapat membawa Anda untuk mengenal alkohol dan tetaplah jaga komitmen untuk menjauhi minuman keras tersebut. Terapkan pola hidup sehat sedini mungkin, dan pastikan Anda untuk selalu menjaga nilai-nilai ibadah Anda, agar tidak mudah terpengaruh pada lingkungan sekitar yang menyesatkan hidup dan kesehatan jiwa serta raga Anda.

 

Spread the word. Share this post!