Dampak Negatif Obesitas Bagi Kesehatan

Obesitas merupakan salah satu kondisi badan, dimana terjadi penumpukan lemak secara berlebih. Pada umumnya kondisi ini akan ditandai dengan terus bertambahnya berat badan seseorang hingga terjadi kegemukan dalam tubuh mereka. Secara umum, setiap manusia memang memerlukan kandungan lemak dalam tubuh sebagai cadangan energi yang diperlukan bagi tubuh. Namun jika kandungan lemak dalam tubuh ditumpuk secara berlebihan, maka dapat dipastikan bahwa hal tersebut justru akan membawa dampak yang negatif bagi kesehatan tubuh manusia.

Secara medis, tingkat kelebihan lemak dalam diri seseorang dapat dikategorikan dalam 3 kelompok besar, yang antara lain adalah:

  • Kegemukan ringan, jika seseorang memiliki berat badan 15%-40% lebih berat dari berat badan ideal yang harus mereka miliki.
  • Kegemukan sedang, jika seseorang memiliki berat badan 42%-100% lebih berat dari berat badan ideal yang harus mereka miliki.
  • Kegemukan berat, jika seseorang memiliki berat badan 100% lebih dari berat badan ideal yang harus mereka miliki.

Kelebihan berat badan atau yang biasa disebut dengan obesitas tersebut, selain dapat mengganggu sistem metabolisme dalam tubuh seseorang, juga dapat mengakibatkan dampak negatif bagi kesehatan tubuh mereka. adapun dampak negatif bagi kesehatan tersebut, antara lain adalah:

  • Penyakit jantung, hal ini lebih disebabkan karena tersumbatnya pembuluh darah pada jantung dengan timbunan lemak yang berlebihan.
  • Hipertensi, yang lebih banyak disebabkan karena pola konsumsi dari para penyandang kegemukan yang secara berlebih mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak zat garam, sehingga menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah yang mengakibatkan tekanan darah menjadi tinggi.
  • Penyakit saluran pernafasan yang disebabkan karena timbunan lemak yang berlebih pada bagian bawah diafragma dan dinding bawah paru, sehingga membuat posisi paru-paru tertekan.
  • Diabetes, penyakit ini merupakan penyakit yang disebabkan karena menurunnya produksi insulin dalam tubuh manusia, dan hal ini seringkali dialami oleh mereka yang memiliki berat badan berlebih.

Melihat dampak dari kegemukan pada badan yang terlalu signifikan bagi kesehatan tubuh manusia, sudah sewajarnya jika kita terus menjaga pola makan dan tidur, agar nantinya tidak terjadi penumpukan lemak secara berlebihan dalam tubuh kita. Menerapkan pola hidup sehat dengan banyak mengkonsumsi berbagai bahan sayuran dan buah-buah yang mengandung banyak serat, dapat sistem metabolisme menjadi lancar, sehingga lemak-lemak yang ada dalam tubuh menjadi mudah larut.

Olahraga secara teratur juga lebih disarankan bagi setiap insan, agar tidak mengalami obesitas dalam tubuh mereka. Menjalankan olahraga ringan seperti berjalan kaki ataupun lari kecil setiap pagi, dapat membawa dampak positif bagi kesehatan. Karena dengan melakukan aktivitas tersebut, lemak dalam tubuh dapat terbakar, sehingga sistem metabolisme menjadi lancar, serta tubuh menjadi lebih segar dan sehat. Terapkanlah pola hidup sehat sedini mungkin, agar hidup menjadi lebih sehat dan menyenangkan.

Spread the word. Share this post!