Diet Sehat dengan Cara Berpuasa

Banyak cara dilakukan oleh manusia khususnya kaum hawa untuk tetap menjaga penampilan. Baik kecantikan wajah hingga berat badan diusahakan untuk tetap menunjang aktifitas sehingga memberi kesan yang sempurna pada orang lain. salah satu cara yang sering dilakukan untuk mendapatkan penampilan yang menarik adalah dengan cara diet. Diet bisa dilakukan dengan banyak cara yang tujuannya adalah untuk mengontrol bentuk tubuh dan berat badan. Salah satu cara diet sehat adalah dengan cara berpuasa yang sebentar lagi akan umat Islam lakukan.

Diet dengan cara berpuasa banyak memberikan manfaat yaitu gaya hidup yang terbiasa mengontrol hawa nafsu. Seringkali ketika kita melihat makanan dan minuman enak meski kurang baik untuk kesehatan maupun kebugaran tubuh, kita tetap membeli dan memakannya karena terdorong keinginan yang sebenarnya tidak perlu. Makanan enak justru cenderung mengandung banyak lemak, kolesterol hingga gula yang tak baik untuk kesehatan dan penampilan. Dengan kita terbiasa mengontrol pola makan dan nafsu untuk makan, kita akan lebih bisa mengontrol diet sehingga hasilnya lebih maksimal.

Selain untuk mengontrol nafsu makan, berpuasa juga baik untuk mengeluarkan racun-racun di dalam tubuh. ketika tubuh seharian tidak makan maka lemak, kolesterol dan racun-racun di dalam tubuh lah yang dibakar untuk menghasilkan energi. Di situlah mengapa berpuasa sangat baik bukan hanya untuk membentuk berat tubuh namun juga untuk kesehatan pada umumnya. Berpuasa bahkan banyak disarankan oleh masyarakat luas tanpa mengenal agama sebagai salah satu cara diet sehat yang efektif.

Baca Juga: PROGRAM DIET SEHAT YANG PRAKTIS DAN MURAH

Berikut ini adalah kebaikan-kebaikan berpuasa yang lain bagi Anda yang akan menjalankan ibadah puasa serta dalam masa menjalankan diet untuk membentuk tubuh sehat dan menarik:

  • Membakar lemak di siang hari.
  • Menghindarkan diri dari lemas karena pengaruh obat pencahar.
  • Mengeluarkan racun di dalam tubuh.
  • Mengecilkan tubuh karena selama setengah hari tidak aktif untuk mencerna makanan.
  • Membiasakan tidak makan sembarangan.
  • Membiasakan makan teratur.
  • Menghindari makan berlebihan.
  • Memberikan aktifitas fisik setelah makan kecil yaitu dengan sholat tarawih.

Bila Anda sedang berada di masa diet dan sebentar lagi akan menjalankan ibadah puasa, maka hal tersebut bisa membuat diet Anda semakin efektif dan berguna. Dengan berpuasa, diet sehat bisa Anda lakukan tanpa memerlukan bantuan obat yang cenderung membuat Anda harus sering buang air besar. bahaya bisa saja terjadi akibat terlalu sering buang air yaitu dehidrasi yang bisa berujung pada kematian. Namun tetaplah mengontrol pola makan Anda ketika tiba waktunya berbuka dan makan sahur agar kegiatan diet Anda memberi hasil yang maksimal. Berpuasa sembari diet seperti melakukan 2 kegiatan yang baik sekaligus sehingga satu sama lain bisa memberikan semangat atau motivasi.

 

Spread the word. Share this post!