Diet Sehat Untuk Golongan Darah B

Diet sehat – Golongan darah kadang menentukan cara diet seseorang dalam mengkonsumsi sebuah makanan yang tepat dan sehat, agar terjadi keseimbangan kesehatan di dalam tubuh. Salah satunya adalah golongan darah B, yang dalam dunia medis, merupakan goling darah paling jarang, setelah golongan darah AB. Menurut pakar kesehatan, manusia yang memiliki golongan darah B merupakan orang-orang yang memiliki tubuh yang sangat cepat dalam beradaptasi, cepat menyesuaikan dengan keadaan, dan memiliki kekebalan tubuh yang prima.

Seorang naturopati dari Amerika Serikat bernama Dr. Peter J. D’Adamo, pernah menganalisi  kemampuan berbagai golongan darah dalam beradaptasi dengan makanan yang dikonsumsi. Dari hasil penelitian J.D Adamo, setiap makanan mengandung protein yang dinamakan lektin. Protein tersebut pengaruhnya berbeda-beda bagi tiap golongan darah, termasuk bagi mereka yang sedang menjalani diet sehat, setidaknya harus memperhatikan jenis makanan yang bagus buat dietnya, sesuai dengan golongan darah masing-masing. Jika tidak sesuai dengan golongan darah dapat menyebabkan terganggunya aktivitas sel pada organ tubuh, zat gizi yang tidak dapat diserap dengan sempurna, serta terganggunya metabolisme.

Untuk mereka para pemilik golongan darah B, berikut ini adalah makanan yang tepat dalam menjalankan diet sehat.

  1. Daging dan Unggas

Kurangi konsumsi daging ayam atau daging unggas lainnya, karena pada daging unggas terdapat protein lektin yang dapat menggumpalkan darah pada jaringan tubuh sehingga menyebabkan kelainan sistem imun. Jika tidak bisa dihindari, paling baik golongan darah B dapat mengonsumsi daging kalkun.

Lebih banyaklah mengonsumsi daging merah seperti daging domba, atau daging kelinci selama beberapa kali dalam satu minggu jika Anda merasa begitu lelah dan kurang energi.

  1. Makanan Laut

Kadar protein dari makanan laut sangat tinggi dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Konsumsi lebih banyak ikan halibut, salem, sarden, dan telur ikan. Segala makanan laut umumnya baik dikonsumsi para golongan darah B, namun hindari semua jenis kerang-kerangan yang mengandung lektin yang dapat mengganggu sistem imun dan menyebabkan stres.

  1. Telur dan Produk Olahan Susu

Satu-satunya golongan darah yang paling aman untuk menikmati segala jenis olahan susu adalah golongan darah B. Fisiologi darah golongan B memungkinkan pencernaan produk olahan susu tanpa menyebabkan perlambatan metabolisme atau stres.

Dari mulai kefir, keju cottage, keju kambing, keju mozarella, susu sapi, susu kambing, dan youghurt sangat baik untuk menunjang nutrisi yang dibutuhkan golongan darah B. Namun, seperti halnya daging unggas yang kurang baik, hindari cikal bakal unggas seperti telur bebek, angsa, dan telur puyuh.

  1. Minyak dan Lemak

Untuk mendukung kesehatan jantung, sebaiknya gunakan minyak zaitun untuk memasak. Minyak sawit cukup netral untuk golongan darah B. Hindari minyak kedelai, minyak kelapa, minyak wijen, serta minyak bunga matahari karena bereaksi kurang baik dengan protein pada darah golongan B.

Spread the word. Share this post!