Diet Sehat untuk Remaja

Untuk kita yang masih muda, tidak ada kata terlalu dini untuk diet. Kalau umur kita masih di kisaran belasan, kita memang bisa lebih leluasa memilih makanan dibandingkan dengan yang sudah telanjur tua. Tapi tetap saja, tak ada salahnya menjaga pola makan. Terutama apabila kita merasa beberapa bagian tubuh sudah mulai melebar. Makanan dibawah ini adalah makanan yang baik untuk dikonsumsi para remaja yang sedang melaksanakan diet sehat

  • Oatmeal

Sereal gandum atau Oatmel memang salah satu makanan tersehat yang ada di dunia. Terutama kalau kita memilih yang rasanya masih polos, tidak ditambahi pemanis buatan. Gunakan sereal gandum sebagai makanan sarapan, lalu tambahkan buah-buahan untuk memberi rasa yang segar dan alami. Sereal gandum juga seharusnya akan bertahan di perut lebih lama dari nasi maupun roti, jadi kita bisa menahan diri untuk tidak jajan lebih lama. 

  • Buah-Buahan

Buah jelas bukan sekedar pelengkap sereal gandum saja. Untuk hidup yang diet sehat, kita bisa menggunakan buah sebagai pengganti snack. Ketimbang kita menjadi gemuk karena kebanyakan beli jajanan gorengan, minum soda, atau makan keripik asin, mending kita menyantap buah-buahan yang kaya vitamin dan mineral seperti pisang, apel, pepaya, dan sejenisnya. Hanya saja, pastikan kita tidak menyantap terlalu banyak buah dalam sehari. Walau sehat, tak ada makanan yang baik untuk tubuh bila dimakan berlebihan. Juga jangan sering-sering menyantap buah dengan bumbu rujak. Sambal kacang yang digunakan untuk rujak menyimpan banyak kolesterol yang hanya akan memperburuk masalah diet, terutama kalau kita malas olah raga.

Baca Juga:TIPS GAYA HIDUP SEHAT DENGAN MENGHINDARI KEBIASAAN BURUK PADA MALAM HARI

  • Ayam dan Ikan

Kalau kita bukan vegetarian, daging yang bisa jadi pilihan adalah daging ayam dan ikan. Kenapa harus ayam dan ikan? Kenapa tidak daging sapi atau kambing? Karena daging ayam dan ikan memiliki kadar lemak jenuh dan kolesterol yang lebih rendah ketimbang daging merah, seperti sapi. Jadi, selain mendapatkan keuntungan dari kandungan daging ayam dan ikan, akan lebih mudah bagi kita untuk mengendalikan tambahan kolesterol serta lemak. Demi kesehatan maksimal, dianjurkan memasak ikan dan ayam dengan membakar atau memanggangnya.

  • Kacang

Coba santap kacang-kacangan. Yang paling sehat tentunya adalah kacang yang direbus, tapi kacang kulit kemasan dari toko pun tak masalah asal kita tidak berlebihan. Selain enak, kacang juga memiliki kandungan serat yang kaya. Kandungan serat itu bisa membuat kacang menggemukkan kalau disantap di malam hari. Tapi di siang hari, saat metabolisme badan masih bekerja kencang dan ada waktu banyak untuk mengolah makanan, kacang termasuk pilihan bagus untuk dinikmati. 

  • Susu Rendah Lemak 

Susu adalah minuman vital yang tak boleh dilewatkan. Untuk pertumbuhan yang prima, kita membutuhkan protein dan kalsium. Jelas, kedua unsur tersebut bisa dengan mudah kita temui dalam minuman susu. Lebih tepatnya, susu rendah lemak. Susu lebih cocok diminum hangat, kira-kira tiga jam sebelum tidur. Selain sehat, itu juga bisa membantu kita tidur lebih nyenyak. Meminum susu di pagi hari justru tidak direkomendasikan karena bisa mengacaukan pola makan kita. 

Spread the word. Share this post!