Efek Samping Dari Kafein

Kopi memang identik dengan kafein. Meskipun memang bukan hanya kopi saja yang mengandung zat tersebut. Tapi kopi memang memiliki kandungan paling besar dan dikonsumsi oleh sebagian besar orang. Jadi ketika akan bicara tentang zat tersebut, sangat tidak salah jika menganalogikannya dengan kopi. Mari kita anggap kopi itu kafein untuk mempermudah. Minum kopi memang nikmat. Tidak terikat waktu, kapan saja enak apalagi bagi perokok. Ini adalah kombinasi yang paling pas, paling ideal. Mau lagi kondisi santai atau sibuk kerja, kopi tetap menjadi teman paling setia.Tapi dibalik kenikmatannya, seperti biasa ada efek samping yang mungkin saja kurang anda ketahui. Atau bahkan tidak anda ketahui. Sebagai informasi, inilah efek samping dari kafein.

  • Menaikan tekanan darah

Mengkonsumsi  kopi bisa menaikan tekanan darah. Apalagi bagi anda yang menderita hipertensi, dengan mengkonsumsi 250mg  kafein maka tekanan darahnya anda akan naik 2 – 3 jam setelahnya. Ini juga berlaku bagi yang tidak bisa mengkonsumsi makanan minuman yang mengandung zat ini. Terutama kopi.

  • Meningkatkan resiko keguguran

Sebuah penelitian baru – baru ini menunjukan bahwa wanita yang mengkonsumsi  atau minum kopi 2 gelas per hari selama berminggu – minggu  maka akan  terkena resiko keguguran.

  • Mengurangi kesuburan wanita

University of  Nevada School of Medicine  pernah melakukan studi atau penelitian mengenai hal ini. Dan hasil epnelitiannya konsumsi kopi atau kafein pada wanita dapat mengurangi kemungkinan hamil sebanyak 27%.

  • Gangguan pencernaan

Ini umum sekali terjadi. Dan hampir tiap orang pernah mengalaminya. Mengkonsumsi kopi  memang seringlai menyebabkan sakit perut atau gangguan perncernaan. Ini  terjadi terutama ketika mengkonsumsinya dalam keadaan perut kosong.

Baca Juga:PERNAK – PERNIK  KAFEIN

  • Tidak baik untuk penderita diabetes

Penderita diabetes disini adalah diabetes tipe 2. American Diabetes  Association mengatakan bahwa  zat ini bisa menyebabkan terganggunya metabolism glukosa pada penderita diabetes tipe 2.

  • Alergi

Ini khusus untuk  penderita alergi kafein. Pada umumnya akibatnya sama seperti alergi lainnya yaitu tubuh gatal – gatal dan nyeri.

  • Menyebab kista pada payudara

Menurut suatu studi, wanita yang mengkonsumsi 31 – 250 mg kafein per hari memilki peningkatan 1,5 kali lipat dalam kemungkinan pengembangan penyakit payudara fibrokistik. Dan untuk wanita yang mengkonsumsi  lebih dari 500 mg  per hari  mempunyai kemungkinan peningkatan 2,3 kali lipat dalam berkembangnya kista.

  • Menyebabkan gejala Vasomotor

Hal ini berlaku untuk wanita yang sudah menopause. The Journal of The American Society mengatakan hasil studinya bahwa wanita menopause yang mengkonsumsi kopi memiliki tingakt gejala vasomotor yang lebih tinggi.

  • Menghambat  produksi kolagen pada kulit

Ini terjadi bila konsumsinya berlebih. Jadi kalo dalam konsumsi yang standar tidak mengakibatkan hal ini.

Spread the word. Share this post!