Empat Makanan Sehat Pengganti Nasi Saat Diet

Nasi putih merupakan salah satu makanan sehat yang mengandung karbohidrat. Di Indonesia, nasi dijadikan makanan pokok yang dikonsumsi sebagai asupan sumber tenaga tubuh. Sebagian orang Indonesia berpendapat bahwa belum makan bila belum makan nasi. Kebiasaan inilah yang membuat orang sulit menghindari nasi dalam menjalankan dietnya. Diet tanpa mengkonsumsi nasi ternyata cukup ampuh menurunkan berat badan.

Empat Makanan Sehat Pengganti Nasi Saat Diet

Mengkonsumsi nasi secara berlebihan dapat membuat tubuh Anda menjadi gemuk. Asupan karbohidrat yang berlebihan tersebut akan disimpan oleh tubuh sebagai cadangan tenaga dalam bentuk lemak. Sebaiknya Anda mengkonsumsi nasi secara normal dan wajar saja.

Nah, Untuk Anda yang akan menjalankan diet disarankan untuk mengganti nasi dengan makanan sehat yang mengandung karbohidrat lainnya. Diet tanpa nasi juga merupakan diet yang aman dilakukan. Mengganti nasi sangat disarankan untuk Anda yang benar-benar ingin menurunkan berat badan dan mengurangi resiko penyakit diabetes. Lima makanan sehat pengganti nasi yang bisa Anda konsumsi saat diet diantaranya:

  • Kentang

Sebenarnya, kentang mempunyai fungsi yang sama dengan nasi. Di luar negeri, seperti negara-negara Eropa dan Amerika, kentang dijadikan makanan utama. Supaya kandungan lemak dalam kentang tidak terlalu tinggi, disarankan mengolahnya dengan cara memanggang kentang atau merebusnya terlebih dahulu. Selain memiliki kandungan karbohidrat, kentang juga terkenal dengan kandungan vitamin C dan B6 yang membantu kebugaran tubuh Anda.

  • Singkong

Mungkin hampir semua orang Indonesia mengenal singkong. Makanan sehat ini ternyata merupakan salah satu menu makanan pengganti nasi yang baik untuk dikonsumsi. Banyak orang yang menggemari singkong untuk dikonsumsi sebagai asupan karbohidrat untuk sumber tenaga atau bahkan hanya untuk camilan saja. Namun, sebaiknya untuk Anda yang mengkonsumsi singkong untuk program diet, sangat disarankan mengolahnya dengan merebus singkong. Hindari mengkonsumsi singkong dengan cara digoreng dengan minyak. Singkong juga mempunya manfaat bisa menurunkan kadar kolestrol jahat dalam tubuh Anda, karena memiliki kandungan serat yang tinggi.

  • Jagung

Selain kedua makanan di atas, jagung juga merupakan salah satu makanan yang cukup mudah kita temui di Indonesia. Jagung juga sangat cocok dikonsumsi sebagai makanan pengganti nasi. Untuk pengolahannya, sebaiknya jagung direbus atau dikukus saja. Manfaat jagung juga sangat berperan dalam membantu menurunkan berat badan Anda. Jagung memiliki kandungan antioksidan, serat, vitamin B, mineral dan fruktosa yang baik dikonsumsi oleh tubuh Anda. Dengan indeks glikemik pada jagung yang hanya 55-60 saja, sangat lah cocok dikonsumsi sebagai pengganti nasi yang baik dan sehat.

Perhatikan juga beberapa tips untuk melakukan diet sehat. Simak selengkapnya di www.gayahidupterkini.com

  • Talas

Makanan sehat pengganti nasi yang terakhir adalah talas. Umbi talas atau yang memiliki nama ilmiah Colocasia esculenta L. ini memang sangat cocok dijadikan sebagai salah satu sumber karbohidrat pengganti nasi. Kandungan protein yang terdapat dalam talas ternyata lebih tinggi dari ubi jalar dan singkong, serta kandungan karbohidratnya cukup memberikan tenaga untuk tubuh kita.

Spread the word. Share this post!