Faktor – faktor Penunjang Hidup Sehat

Hidup sehat. Dua kata yang rasanya tidak ada orang yang tidak menginginkannya. Pertanyaannya adalah seberapa sehatkah anda? Sudah berusahakah anda untuk menjaga kesehatan anda ? Tidak mudah memang tapi bukan hal yang mustahil dilakukan. Tergantung seberapa kuat niat anda. Karena pada dasarnya tiap orang bisa melakukannya. Berikut adalah faktor – faktor  penunjang  hidup sehat.

  • Waktu tidur/istirahat yang cukup

Pada saat kita tidur, sebagian besar  fungsi tubuh kita berhenti  untuk beristirahat. Energi yang sepanjang hari dikuras, diisi kembali. Waktu tidur yang ideal adalah 7 jam. Kurang dari 7 jam kurang baik untuk kesehatan. Lebih dari  7 jam pun sama tidak sehatnya. Pertanyaannya kemudian kenapa 7 jam? Ketika sebagian fungsi tubuh berhenti untuk beristirahat, ada fungsi lainnya yang sedang bekerja yaitu proses detoksasi di beberapa bagian tubuh. Dan waktu yang dibutuhkan adalah sekitar  7 jam. Dengan terpenuhinya waktu tidur yang cukup maka ketika bangun, tubuh sudah optimal untuk memulai lagi aktifitas.

  • Minum air putih

Minum air putih sangatlah penting untuk memperoleh hidup sehat. Kenapa? Karena kebutuhan tubuh akan air itu sangat tinggi. Memang kebutuhan air tiap orang berbeda– beda  tergantung usia, berat badan, penyakit bahkan iklim. Tapi pada umumnya untuk remaja dan orang dewasa, 8 gelas per hari adalah kebutuhan yang mutlak harus dipenuhi. Tentu saja air putih yang dimaksud adalah air putih yang bebas dari zat– zat yang bisa mengganggu kesehatan tubuh.

Baca Juga:TIPS UNTUK MELAKUKAN SENAM PAGI BAGI ANDA YANG INGIN HIDUP SEHAT

  •  Keseimbangan Gizi

Pernah mendengar slogan atau jargon “4 sehat 5 sempurna” ? Pasti pernah karena jargon itu melekat berpuluh– puluh tahun lamanya. Slogan yang menitikberatkan  akan pemenuhan kebutuhan gizi yang ideal. Komposisi idealnya adalah makanana pokok (nas i/beras, jagung), lauk pauk (daging), buah– buahan dan sayuran dengan susu sebagai penyempurna. Perkembangan ilmu gizi membuat slogan itu sudah kurang tepat lagi. Keseimbangan gizi ternyata lebih penting. Maka munculah slogan baru “isi piringku”.  Slogan ini komposisi  idealnya  50% sayuran dan buah– buahan, 50% sisanya untuk karbohidrat dan protein. Jadi untuk mendapatkan hidup sehat makanlah dengan komposisi seperti itu.

  •  Olahraga yang  cukup

Anda tentu menginginkan tubuh yang kuat dan bugar bukan. Olahraga menjadi solusinya. Olahraga yang cukup tentunya. Olahraga yang berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan. Setidaknya ada 5 kegunaan dari olahraga, yaitu:

  • Menjaga kesehatan jantung
  • Meningkatkan metabolisme tubuh
  • Memperlancar tekanan darah
  • Membakar  lemak
  • Meningkatkan ketahanan tubuh
  • Pikiran yang positif

Pikiran yang posistif juga sangat berpengaruh. Karena pikiran yang positif menjadi stimulus yang baik bagi aktifitas tubuh anda.

Siap Memulai hidup sehat ?

Spread the word. Share this post!