Gaya Hidup Sehat Anak Kost Yang Hemat

Anak kost identik dengan hidup yang kurang gizi dan makan apa adanya dengan waktu yang tidak teratur. Tentu jika hal tersebut terjadi berdampak buruk bagi kesehatan. Apapun alasannya gaya hidup sehat tetap harus dilakukan, apalagi anak kost jauh dari keluarga dan saudara. Jika sakit tentu akan merepotkan.

Gaya hidup sehat sebenarnya sangat sederhana dan mudah dilakukan, namun kenyataannya masih banyak orang yang sulit menjalaninya karena berbagai faktor. Hidup sehat yang sederhana bisa dengan menjaga polamakan yang teratur dengan gizi yang sehat dan melakukan olahraga 2 kali seminggu. Nah, berikut ini beberapa tips gaya hidup yang sehat untuk anak kost.

Menjaga Pola Makan Teratur

Walaupun tinggal merantau dan jauh dari keluarga, tetap harus menjaga pola makan yang teratur minimal 2 kali dalam satu hari. Pastikan makanan yang dimakan mengandung gizi yang harus dipenuhi.

Masak Sendiri

Hindari terus menerus makan diluar, selain boros makan diluar tidak menjamin kebersihannya. Langkah yang paling tepat adalah memasak makanan sendiri. Memasak sendiri kebersihan dan kandungan gizi dalam bahan makanan lebih terjaga. Setidaknya minimal memasak nasi sendiri. Jika masak lauk sendiri kebutuhan gizi dapat lebih terpenuhi.

Konsumsi Buah-Buahan Dan Sayuran

Walaupun hidup sebagai anak kost dan menjalankan hidup hemat, usahakan tetap mengkonsumsi buah dan sayuran. Ada banyak jenis sayuran yang harganya murah, seperti: bayam, kangkung dsb. Begitupun dengan buah-buahan, ada pisang, jeruk dan makanan jenis lainnya.

Baca Juga: INFO GAYA HIDUP SEHAT SEPERTI RASULULLAH SAW

Minum Air Putih

Tubuh kita sebagian besar mengandung air, jadi sudah seharusnya kita rutin minum air putih setiap harinya. Jika beli air putih botolan bisa membuat pengeluaran lebih boros, sebaiknya siapkan gallon di kostan agar lebih hemat. Waktu yang paling tepat untuk minum air putih adalah sebelum dan sesudah bangun tidur, sebelum mandi, sebelum makan dan sesudah makan.

Olahraga Secara Teratur

Sudah bukan rahasia lagi, dengan olahraga tubuh akan lebih sehat dan bugar. Memiliki tubuh yang bugar dapat mencegah kita terkena berbagai jenis penyakit. Tidak perlu melakukan olahraga jenis berat dan membutuhkan waktu yang lama. Walaupun di kost Anda bisa melakukan olahraga yang ringan, seperti: olahraga yoga, melatih pernapasan dan gerakan-gerakan cardio lainnya.

Jika memungkinkan bangun pagi dan lakukan jogging seminggu sekali bersama pasangan atau teman-teman.

Istirahat Yang Cukup

Kebanyakan anak kost mengalami sindrom sulit tidur atau kebiasaan begadang. Akibatnya tubuh menjadi mudah lemas dan kurang segar. Jika jam tidur kurang, jangan lupa untuk membayar jam tidur saat waktu luang, misalnya dengan tidur siang agar tubuh tetap kuat melakukan aktivitas.

Demikian tips gaya hidup sehat untuk anak kost yang hemat. Semoga artikel ini bermanfaat!

Spread the word. Share this post!